Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/07/2022, 19:44 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beragam perilaku kucing yang menarik untuk dikulik. Salah satunya adalah kucing menyukai rumput gandum atau rumput kucing.

Dilansir The Spruce, Sabtu (2/7/2022), beberapa orang berpandangan bahwa rumput gandum kucing sama dengan catnip. Rumput kucing sangat berbeda dengan catnip.

Jika Anda menanam catnip dan rumput kucing, Anda dapat mengenalinya dalam penampilan yang berbeda. Rumput kucing sebenarnya adalah rumput dari biji-bijian sereal tertentu seperti gandum, oat, barley, alfalfa, dan rye.

Baca juga: Ragam Makanan Manusia yang Beracun untuk Kucing

Ilustrasi kucing Himalaya atau kucing Kashmir.Shutterstock/sinangoksoy Ilustrasi kucing Himalaya atau kucing Kashmir.

Mengapa kucing menyukai rumput gandum?

Masih belum jelas mengapa kucing suka menggigit rumput, termasuk rumput gandum kucing, meskipun ada beberapa penelitian tentang alasannya. Dulu diyakini bahwa kucing makan rumput ketika merasa sakit, sebagai cara untuk menenangkan perut.

Namun, sebuah studi mempertanyakan hal ini. Sekelompok pemilik kucing disurvei dan dari responden, 65 persen kucing makan tanaman setiap minggu.

Hanya 6 persen dari mereka yang disebutkan oleh pemiliknya sakit sebelum mengunyah tanaman dan 37 persen dilaporkan sering muntah setelahnya.

Ini akan menyimpulkan bahwa kucing tidak benar-benar memakan tanaman, termasuk rumput kucing, agar merasa lebih baik karena 94 persen kucing dalam survei tampaknya baik-baik saja sebelum makan apa pun.

Baca juga: 8 Fakta Unik Telinga Kucing

Hipotesis lain mengapa kucing makan rumput kucing adalah untuk membantu mengeluarkan bola bulu. Jika makan rumput membuat kucing muntah, apakah itu membantu kucing berambut panjang yang kesulitan batukkan hairball?

Studi yang sama yang melihat apakah kucing makan rumput untuk menenangkan perut juga melihat gagasan ini. Namun, mereka menemukan bahwa tidak ada perbedaan insiden muntah antara kucing berbulu panjang dan kucing berbulu pendek.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com