Kompas.com - 02/07/2022, 19:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beragam perilaku kucing yang menarik untuk dikulik. Salah satunya adalah kucing menyukai rumput gandum atau rumput kucing.

Dilansir The Spruce, Sabtu (2/7/2022), beberapa orang berpandangan bahwa rumput gandum kucing sama dengan catnip. Rumput kucing sangat berbeda dengan catnip.

Jika Anda menanam catnip dan rumput kucing, Anda dapat mengenalinya dalam penampilan yang berbeda. Rumput kucing sebenarnya adalah rumput dari biji-bijian sereal tertentu seperti gandum, oat, barley, alfalfa, dan rye.

Baca juga: Ragam Makanan Manusia yang Beracun untuk Kucing

Ilustrasi kucing Himalaya atau kucing Kashmir.Shutterstock/sinangoksoy Ilustrasi kucing Himalaya atau kucing Kashmir.

Mengapa kucing menyukai rumput gandum?

Masih belum jelas mengapa kucing suka menggigit rumput, termasuk rumput gandum kucing, meskipun ada beberapa penelitian tentang alasannya. Dulu diyakini bahwa kucing makan rumput ketika merasa sakit, sebagai cara untuk menenangkan perut.

Namun, sebuah studi mempertanyakan hal ini. Sekelompok pemilik kucing disurvei dan dari responden, 65 persen kucing makan tanaman setiap minggu.

Hanya 6 persen dari mereka yang disebutkan oleh pemiliknya sakit sebelum mengunyah tanaman dan 37 persen dilaporkan sering muntah setelahnya.

Ini akan menyimpulkan bahwa kucing tidak benar-benar memakan tanaman, termasuk rumput kucing, agar merasa lebih baik karena 94 persen kucing dalam survei tampaknya baik-baik saja sebelum makan apa pun.

Baca juga: 8 Fakta Unik Telinga Kucing

Hipotesis lain mengapa kucing makan rumput kucing adalah untuk membantu mengeluarkan bola bulu. Jika makan rumput membuat kucing muntah, apakah itu membantu kucing berambut panjang yang kesulitan batukkan hairball?

Studi yang sama yang melihat apakah kucing makan rumput untuk menenangkan perut juga melihat gagasan ini. Namun, mereka menemukan bahwa tidak ada perbedaan insiden muntah antara kucing berbulu panjang dan kucing berbulu pendek.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.