Kompas.com - 02/07/2022, 17:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain dekorasi, pencahayaan di dalam ruangan juga dapat memengarhui suasana ruang dan hati pemiliknya. Untuk itu, ketika pencahayaan di dalam ruangan tepat, akan memberikan tampilan interior yang lebih menarik.

Dilansir dari Forbes, Sabtu (2/7/2022), ada beberapa langkah untuk memberikan tampilan pencahayaan terbaik di dalam rumah, seperti berikut ini. 

1. Pertimbangkan ketinggian langit-langit

Mengetahui ketinggian langit-langit penting saat memilih lampu gantung. Beberapa lampu dilengkapi dengan kabel atau batang yang dapat disesuaikan, tetapi yang lain tidak.

 

Baca juga: Jangan Menggantung Lampu Berbentuk Runcing di Pintu Masuk, Kenapa?

 

Ilustrasi lampu gantung.Shutterstock/Gadelshina Dina Ilustrasi lampu gantung.

Jangan terjebak dengan lampu yang menggantung terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Sebagai aturan praktis, bagian bawah lampu harus menggantung sekitar 30 hingga 50cm di bawah langit-langit standar 2,5 meter. Untuk setiap meter tambahan ketinggian langit-langit, tambahkan 7,5cm.

2. Perhatikan jarak permukaan meja

Saat menggantung lampu di atas meja atau pulau dapur, 70 hingga 85 cm adalah jarak yang disarankan dari bagian bawah lampu ke permukaan meja atau pulau. Namun, ukuran cahaya membuat perbedaan.

Secara umum, cahaya yang lebih kecil dapat dipindahkan lebih rendah dan cahaya yang lebih besar dapat dipindahkan lebih tinggi. 

Baca juga: 4 Jenis Lampu dan Cara Menghemat Penggunaan Energinya

3. Perencanaan 

Pertimbangkan preferensi pencahayaan Anda selama fase desain awal bangunan baru atau renovasi.

Misalnya, jika Anda ingin tiga lampu gantung di atas meja makan Anda, bukan satu atau dua, itu harus diperhitungkan sebelum konstruksi dimulai.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.