Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Pohon Kucing

Kompas.com - 16/06/2022, 18:14 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Daily Paws

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada berbagai macam mainan kucing yang bisa mendorong sahabat bulu lebih sering bergerak dan berolahraga, salah satunya pohon kucing.

Pohon kucing adalah mainan bertingkat yang memungkinkan kucing peliharaan untuk memanjat dan bertengger pada setiap tangga yang ada.

Baca juga: Selain Merasa Puas, Ini Arti Dengkuran Kucing 

Konsultan perilaku kucing bersertifikat di Behavior Vets of NYC, Amerika Serikat, Lauren Novack, menjelaskan, pohon kucing juga menyediakan tempat bagi kucing untuk menggaruk, atau gua untuk bersembunyi.

“Habitat kucing harus mencakup tempat-tempat untuk memanjat, mencakar, bertengger, dan bersembunyi. Jadi, sudah menjadi tugas kita untuk memberikan sesuatu agar mereka bisa melakukan hal-hal tersebut,” tuturnya.

Namun, dilansir dari Daily Paws, Kamis (16/6/2022), sebelum membeli pohon kucing, ada beberapa hal yang perlu ketahui seperti berikut ini. 

Baca juga: 5 Manfaat Memberikan Mainan Interaktif pada Kucing

Tempat menaruh pohon kucing

Ilustrasi pohon kucing, ilustrasi kucing.SHUTTERSTOCK / Boyloso Ilustrasi pohon kucing, ilustrasi kucing.

Novack mengatakan, berada pada ketinggian memungkinkan kucing melihat lingkungannya dari tempat yang aman. Di alam liar, kucing yang berada pada ketinggian dapat mencari mangsa sambil menghindari pemangsa.

“Tempat bertengger yang tinggi memberi kucing tempat untuk menjauh dari apa pun yang mengganggunya. Ini sangat penting jika mereka tinggal dengan hewan peliharaan lainnya atau kamu memiliki anak yang sulit meninggalkan kucing sendirian,” ucapnya.

Namun, memiliki pohon kucing yang tinggi akan sia-sia jika sahabat bulu tidak tertarik bermain di sana. Untuk itu, cari tempat yang tepat seperti area yang terkena paparan sinar matahari.

Novack menyarankan menaruh pohon kucing di dekat jendela. Selain membuat sahabat bulu terpapar sinar matahari yang hangat, ini juga memudahkan kucing melihat pemandangan di luar rumah.

Baca juga: 5 Cara Memilih Makanan untuk Kucing yang Memiliki Perut Sensitif

Perhatikan desain dan ukurannya

Ilustrasi kucing, ilustrasi pohon kucing.SHUTTERSTOCK / RJ22 Ilustrasi kucing, ilustrasi pohon kucing.

Pohon kucing datang dengan berbagai ukuran dan bentuk, termasuk ukuran yang sangat kecil dan cocok untuk unit apartemen.

Terkait dengan desainnya, ada pohon kucing yang menyerupai pohon asli atau deretan rak yang memungkinkan sahabat bulu bertengger pada dinding.

Untuk ukuran, pilih pohon kucing yang cukup besar, tetapi masih muat dimasukkan ke rumah.

Namun, bagaimana jika memiliki lebih dari satu kucing?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com