Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ras Kucing dengan Warna Bulu Hitam Putih, seperti Pakai Tuksedo

Kompas.com - 12/06/2022, 19:25 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak warna bulu yang dimiliki kucing, dari putih, hitam, cokelat, abu-abu, hingga oranye.

Namun, selain satu warna, ada sebagian kucing yang memiliki dua warna bulu pada tubuhnya, yakni hitam dan putih. 

Baca juga: 13 Fakta Menarik Kucing Tuksedo, Bisa Berenang dan Dianggap Bawa Hoki

Biasanya, kucing dengan warna bulu hitam putih ini sering disebut kucing tuksedo atau piebald. Tuksedo mengacu pada warna bulu kucing yang terlihat seperti sedang mengenakan setelan makan malam formal atau jas. 

Kucing dengan warna bulu hitam putih atau tuksedo bisa datang dari ras kucing apa pun, selama pola bulunya terlihat seperti sedang mengenakan setelan jas. Jadi, tuksedo bukanlah ras kucing. 

Dilansir dari The Spruce Pets, Minggu (12/6/2022), berikut ini lima ras kucing populer yang memiliki bulu hitam putih. 

Baca juga: Jangan Asal, Ini Cara Tepat Mengobati Kucing Cacingan 

Maine coon

Ilustrasi kucing Maine coon dengan warna bulu hitam putih.Shutterstock/Nynke van Holten Ilustrasi kucing Maine coon dengan warna bulu hitam putih.
Maine coon adalah salah satu ras kucing terbesar dan dikenal sangat lembut. Dikombinasikan dengan tampilan yang khas dan bulu berkilau, Maine coon adalah salah satu ras kucing paling populer di dunia.

Maine coon datang dalam berbagai warna dan pola bulu, termasuk hitam dan putih. Kucing-kucing ini biasanya rukun dengan semua anggota keluarga, termasuk anak-anak dan anjing yang penuh hormat.

Kucing Maine coon juga dikenal setia, penuh kasih sayang, serta ahli menangkap tikus sehingga mungkin tidak cocok untuk keluarga dengan hewan peliharaan berbulu kecil. 

Baca juga: Mengenal Kucing Tuksedo, Elegan namun Senang Bermain

Cornish rex

Ilustrasi kucing Cornish rex dengan warna bulu hitam putih.Shutterstock/COULANGES Ilustrasi kucing Cornish rex dengan warna bulu hitam putih.
Kucing Cornish Rex dengan warna bulu hitam dan putih memilki penampilan mencolok dengan bulunya yang ketat, teling lebar, dan tubuh langsing.

Tak jarang, ras kucing ini terkadang disebut sebagai anjing Greyhound dari kerajaan kucing. Cornish rex dikenal energik dan mudah bergaul.

Selain itu, Cornish rex adalah kucing cerdas yang dapat diajarkan berbagai trik mengesankan dan beberapa memberikan dukungan sebagai hewan terapi. 

Baca juga: Kenali, Ini Penyebab dan Tanda Kucing Cacingan 

Manx

Sama dengan Cornish rex, Manx  juga seperti anjing. Ras kucing ini menyenangkan, ramah, pemarah, energik, cerdas, serta sangat terlatih.

Biasanya, kucing Manx tidak berekor, tetapi terkadang memiliki tunggul yang pendek. Ras kucing ini datang dalam berbagai warna bulu, termasuk hitam dan putih atau tuksedo.

Memiliki punggung yang bulat dan lebih pendek, Manx lebih rentan terhadap masalah tulang belakang. Kucing-kucing ini juga terkenal dengan keahliannya sebagai pemburu kucing. 

Baca juga: 4 Alasan Kucing Mengedipkan Salah Satu Matanya

Munchkin

Ilustrasi kucing Munchkin dengan warna bulu hitam putih.Shutterstock/MDavidova Ilustrasi kucing Munchkin dengan warna bulu hitam putih.
Munchkin mendapatkan namanya dari kakinya yang lebih pendek dari kebanyakan kucing. Kaki pendek tersebut terjadi karena mutasi genetik yang terjadi secara alami.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com