Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mencegah Kucing Peliharaan Menyemprotkan Urine di Rumah

Kompas.com - 02/06/2022, 14:22 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sudah disediakan kotak pasir untuk membuang kotoran dan urine, terkadang ada beberapa kondisi yang membuat kucing peliharaan menyemprotkan urine sembarang di dalam rumah seperti pada furnitur

Tentu saja, perilaku ini membuat kesal lantaran rumah kotor dan berbau sehingga harus membersihkanya kembali. 

Untuk mengatasi masalah ini, dilansir dari, Pets The Nest, Kamis (2/6/2022), berikut beberapa cara mencegah kucing menyemprotkan urine sembarangan di dalam rumah. 

Baca juga: 7 Hal yang Menandakan Kucing Merasa Sedih 

Bersihkan dengan cuka 

Ilustrasi cukaFREEPIK.COM Ilustrasi cuka
Bersihkan tempat yang telah dikencingi kucing peliharaan dengan larutan cuka dan air. Bau cuka yang kuat dapat bertindak mengusir kucing.

Untuk membuatnya, buat larutan dari cuka dan air dengan perbandingan 1:1, lalu siapkan botol semprot untuk wadah larutan. Setelah itu, semprotakan larutan cuka pada area yang dikencing kucing secara berkala. 

Baca juga: 5 Tips Mendorong Kucing Peliharaan Rajin Bergerak 

Ganti kembali jenis pasir 

Kucing menyemprotkan urine sembarangan di dalam rumah bisa disebabkan oleh jenis pasir yang digunakan.

Cobalah beralih kembali ke merek lama pasir atau makanan kucing jika Anda melihat bahwa penyemprotan dimulai setelah perubahan jenis pasir atau makanan. 

Bahkan memindahkan kotak pasir dapat menyebabkan kucing menunjukkan ketidaksetujuannya dengan cara menyemprotkan urinenya pada beberapa area di rumah.  

Baca juga: 7 Hal yang Menandakan Kucing Merasa Sedih

Mengusap kucing dengan handuk basah 

Ilustrasi kucing ras Scottish Fold. PIXABAY/T_WATANABE Ilustrasi kucing ras Scottish Fold.
Dalam buku The Doctors Book of Home Remedies for Dogs and Cats, disarankan mengusap kucing peliharaan dengan handuk basah seminggu sekali.

Meski solusi ini disarankan untuk rumah dengan banyak kucing, tetapi ini cara efektif dicoba untuk rumah yang memiliki satu kucing peliharaan yang suka menyemprotkan urine di sembarang tempat.  

Baca juga: Kenali, Ini Perbedaan Makanan Anjing dan Kucing

Batasi pandangan kucing ke luar rumah 

Batasi pandangan kucing peliharaan tentang dunia luar. Sering kali kucing dalam ruangan akan menyemprotkan urinenya sebagai respons agresif terhadap kucing lain yang mereka lihat di luaran. 

Karena itu, pindah meja, sofa, dan apa pun yang bisa diduduki kucing untuk melihat ke luar rumah guna mencegah kucing melihat ke luar jendela.

Selain itu, tutupi bagian bawah jendela yang biasa kucing melihat dengan kertas buram sehingga masih memungkinkannya untuk berjemur tanpa melihat kucing lain di luar. 

Baca juga: Haruskah Meletakkan Air Minum dan Makanan Kucing Berjauhan? 

Lakukan interaksi bersama 

Bila memiliki dua atau lebih kucing di rumah, jadwalkan beberapa permainan dan waktu berkualitas satu lawan satu.

Namun, bila memiliki satu kucing saja, lakukan interaksi yang menyenangkan, penuh kasih, dan menghibur bersama Anda untuk meyakinkan sahabat bulu bahwa ia penting. 

Baca juga: Haruskah Meletakkan Air Minum dan Makanan Kucing Berjauhan? 

Memiliki lebih dari satu kucing, dapat membuat kecemburuan dan persaingan jika salah satu atau keduanya merasa bahwa kucing lain mendapatkan perhatian lebih dari Anda.

Seperti halnya anak manusia, perhatian khusus akan memberikan mereka rasa cinta dan harga diri secara individu serta interaksi positif bersaman akan mendorong kucing untuk bersosialisasi, mengurangi persaingan, juga perasaan cemburu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com