Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, 6 Peralatan Elektronik Ini Mengonsumsi Banyak Listrik

Kompas.com - 23/05/2022, 15:56 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Renonation

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan peralatan elektronik rumah tangga telah banyak membantu rutinitas pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat. 

Namun, ada beberapa peralatan elektronik mengonsumsi banyak listrik, bahkan meski dalam mode standby atau tidak digunakan, sehingga Anda harus siap membayar tagihan listrik yang mahal. 

Dilansir dari Renonation Singapore, Senin (23/5/2022), berikut enam peralatan elektonik yang mengonsumsi banyak listrik. 

Baca juga: 5 Peralatan Elektronik Rumah Tangga yang Jarang Dibersihkan 

Mesin cuci

Ilustrasi mesin cuci.PlanetCare/ Unsplash Ilustrasi mesin cuci.
Konsumsi daya mesin cuci bukan bersumber dari daya atau konsumsi daya selama mode siaga, tapi mode pencucian yang berbeda.

Mesin cuci memiliki mode pencucian yang berbeda untuk setiap material pakaian. Misalnya, mode pencucian halus untuk mencuci sweater mengonsumsi daya paling tidak terduga. 

Hal ini karena pencucian halus perlu mengubah arah putaran lebih sering daripada pencucian kuat. Setipa kali arah putaran berubah, mesin cuci harus berhenti dan dihidupkan ulang.

Mode "pencucian halus" mengonsumsi lebih banyak daya daripada mode "pencucian lebih kuat". Apabila ingin menghemat listrik, cobalah menghindari penggunaan mode "pencucian halus". 

Baca juga: 4 Perawatan Mesin Cuci untuk Menjaganya Tetap Optimal dan Tahan Lama  

Microwave

Microwave tidak menghabiskan banyak daya selama dicolokkan atau keadaan standby. Konsumsi daya tak terduga sebenarnya ada pada makanan karena prinsip microwave adalah memanaskan makanan dengan cara memanaskan air di dalam makanan.

Jika makanan lebih kering, waktu pemanasan akan lebih lama dan konsumsi listrik akan lebih tinggi.

Anda dapat mencoba memercikkan sedikit air saat makanan kering dan menutup makanan  dapat mempersingkat waktu pemanasan serta mengurangi konsumsi daya listrik. 

Baca juga: 7 Bahan Alami yang Ampuh Menghilangkan Bau Tak Sedap di Microwave

Rice cooker  

Ilustrasi rice cooker, magic com. Alat penanak nasi. Penemuan alat yang memudahkan memasak nasi, pertama kali berkembang di Jepang.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi rice cooker, magic com. Alat penanak nasi. Penemuan alat yang memudahkan memasak nasi, pertama kali berkembang di Jepang.
Rice cooker menjadi peralatan elektronik yang hampir dimiliki setiap rumah. Meski berukuran kecil, rice cooker mengonsumsi daya besar yang mirip dengan ACRice cooker mampu mengonsumsi 1 kW listrik dalam satu jam penggunaan.

Jika ingin menggunakan rice cooker tanpa menghabiskan banyak energi, sebaiknya merendam beras selama 30 menit sebelum memasaknya.

Saat nasi menjadi lunak, waktu memasak dengan rice cooker menjadi berkurang sekitar 30-40 persen sehingga bisa mengurangi penggunaan listrik. 

Baca juga: 5 Penyebab Rice Cooker Berbau Tak Sedap, Apa Saja?  

Kulkas

Kulkas adalah peralatan elektronik yang harus dinyalakan selama 24 jam. Tentu saja, membuat kulkas memakan banyak listrik.

Namun, nyatanya cara menyimpan makanan juga akan mempengaruhi konsumsi listrik. Jika ingin menghemat listrik saat menggunakan kulkas, ada aturan menyimpan makanan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com