Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/05/2022, 20:38 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Dapur adalah area dengan aktivitas terberat karena digunakan untuk memasak, makan, dan minum yang mana bila ada sedikit kesalahan bisa berakibat fatal. Terutama bila kamu memilih lantai dapur yang kurang cocok sehingga licin bila terkena air.

Agar dapur aman dan nyaman, kamu perlu memilih lantai dapur terbaik. Untuk mendapatkan lantai dapur yang baik, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Melansir dari The Floor Store, Kamis (12/5/2022) berikut ini ada beberapa tips untuk memilih lantai dapur terbaik yang bisa kamu gunakan sebagai panduan sebelum membeli material lantai.

Baca juga: Pilihan Lantai Dapur Dengan Minim Perawatan

Faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih lantai dapur

  • Kenyamanan: Kamu perlu memperhatikan kenyamanan, terutama rasa nyaman dan aman ketika tengah berdiri lama untuk memasak.
  • Perawatan yang mudah: Lantai dapur sangat riskan dengan noda dan air yang tumpah, jadi kamu perlu memilih lantai yang mudah untuk dibersihkan.
  • Gaya: Perhatikan juga gaya lantai agar tak kontras dengan desain dapur.
  • Harga: Terakhir, kamu juga perlu mempertimbangkan harga lantai agar sesuai dengan anggaran. Cari alternatif lain bila material lantai yang menurutmu cocok dengan dapur idamanmu mahal agar bujet tak membengkak.

Baca juga: 7 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Lantai Dapur

Bahan lantai yang cocok untuk di dapur

Ilustrasi dapur, ilustrasi kulkas Side By Side.SHUTTERSTOCK / Vadym Andrushchenko Ilustrasi dapur, ilustrasi kulkas Side By Side.

Sekarang ini sudah banyak sekali pilihan jenis lantai yang bisa dipilih untuk membuat dapur cantik. Namun, ada beberapa bahan lantai yang sangat cocok jika digunakan di area dapur seperti empat bahan berikut ini.

Lantai kayu

Lantai yang terbuat dari kayu yang keras akan membuat dapur terasa hangat dan nyaman. Cocok bila digunakan untuk dapur tipe terbuka. Bila ada air yang tumpah, lantai kayu tak akan licin.

Meski begitu, bila ada noda membandel, lantai kayu akan susah dibersihkan sehingga perlu dipoles ulang. Selain itu, lantai kayu harganya mahal.

Baca juga: Kenali 4 Jenis Lantai Dapur dan Cara Membersihkannya

Lantai laminasi

Memiliki motif seperti lantai kayu, lantai laminasi sebenarnya terbuat dari berbagai macam campuran. Keunggulannya dari lantai kayu adalah mudah dibersihkan dan harganya cukup terjangkau.

Namun, kelemahannya tidak bisa dipoles dan tidak tahan lama bila dibandingkan dengan lantai yang terbuat dari kayu yang keras.

Baca juga: 5 Cara Membuat Lantai Dapur Selalu Bersih dan Berkilau

Lantai ubin

Ubin seperti keramik dan granit juga bisa menjadi pilihan untuk lantai dapur. Selain murah, lantai dari keramik dan granit juga memiliki banyak sekali motif, gaya, dan warna yang bisa dipilih.

Sayangnya, bila terkena air lantai keramik akan licin. Sementara lantai granit bila terkena tumpahan seperti kopi akan berubah kusam jika tak segera dibersihkan. Hal ini karena granit memiliki pori-pori besar yang bisa menyerap air.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Minyak pada Lantai Dapur

Lantai vinyl

Rekomendasi terakhir untuk lantai dapur adalah vinyl. Lantai yang satu ini perawatannya mudah, tahan air, dan kuat. Namun, masih mahal bila dibandingkan dengan lantai laminasi.

Pemilihan lantai dapur selain dari segi kenyamanan juga perlu memperhatikan bahan lantai. Sebab, bahan lantai yang berbeda membawa kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com