Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tanaman Hias yang Dapat Menoleransi Cahaya Rendah di Dalam Ruangan

Kompas.com - 08/05/2022, 07:55 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Bobvila

JAKARTA, KOMPAS.com - Membawa tanaman hias ke dalam ruangan telah menjadi hal yang banyak dilakukan orang sejak lama. 

Namun, tidak semua tanaman hias boleh diletakkan di dalam ruangan. Pasalnya, setiap tanaman memiliki kebutuhan cahaya matahari yang berbeda-beda. 

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Bisa Mempercantik Sudut Ruangan

Untuk itu, tanaman hias yang dibawa ke dalam ruangan harus membutuhkan pencahayaan rendah atau tidak membutuhkan sinar matahari secara langsung. 

Selain itu, cara merawat tanaman dalam ruangan ini cukup mudah. Jika daun tanaman hias mulai terlihat gelap dan kurus, artinya tanaman tidak menerima cukup cahaya.

Sebaliknya, jika daun tanaman hias tampak pucat serta menyusut, artinya tanaman memperoleh sinar matahari terlalu. 

Demi menghindari hal buruk tersebut, berikut ini enam rekomendasi tanaman hias pohon yang dapat menoleransi cahaya rendah di dalam ruangan dikutip dari Bobvila, Minggu (8/5/2022). 

Baca juga: Letakkan 5 Tanaman Hias Ini agar Rumah Terasa Sejuk Seperti di Puncak 

Tanaman karet (Ficus elastica)

Ilustrasi rubber plant atau tanaman karet (Ficus elastica). SHUTTERSTOCK/ELENA-GRISHINA Ilustrasi rubber plant atau tanaman karet (Ficus elastica).
Tanaman karet atau rubber plant adalah tanaman dalam ruangan yang mudah tumbuh selain dapat menerima cahaya rendah. Tanaman karet dapat tumbuh mencapai 3,6 meter di dalam ruangan.

Disebut sebagai salah satu tanaman dalam ruangan yang paling mudah oleh New Sunset Western Garden Book, tanaman karet memiliki daun mengkilap berukuran 20-30 sentimeter serta warna yang bervariasi, dari hijau hingga anggur menurut kultivar. 

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Naik Daun pada April 2022

Ara daun biola (Ficus lyrata)

Tanaman hias ara daun biola atau Fiddle-leaf fig menghasilkan daun berbentuk biola 30-76 sentimeter saat bahagia.

Jenis yang lebih kompak seperti 'Little Fiddle' membuat dedaunan hanya setengah dari ukuran itu. Tanaman ara daun biola yang asli dapat mencapai 15 meter di luar maupun dalam ruangan.

Bila ruangan Anda tidak memungkinkan meletakkan tanaman pohon besar ini, cobalah memilih salah satu "biola kedua" dengan tinggi di bawah 1,6 meter sebagai gantinya. 

Baca juga: 6 Tips Menjaga Tanaman Hias Tetap Hidup Selama Ditinggal Mudik 

Palem parlor (Chamaedorea elegans)

Ilustrasi tanaman Palem parlor (Chamaedorea elegans)Shutterstock/Wheatfieldstock Ilustrasi tanaman Palem parlor (Chamaedorea elegans)
Tanaman palem yang biasa diletakkan di ruang tamu ini dapat tumbuh hingga tiga meter di luar ruangan. Namun, biasanya mempertahankan ketinggian kecil hanya 1,2 meter atau lebih di dalam ruangan untuk menghindari ruang tamu tampak memaksa. 

False aralia (Schefflera elegantissima)

Disebut juga tanaman jari atau aralia laba-laba karena sempitnya tembaga hingga daun bergerigi hijau tua, tanaman false aralia sangat elegan dan tumbuh setinggi  1,8-2,4 meter di dalam ruangan dengan cahaya matahari rendah.  

Tanaman hias ini daapat menjadi tambahan gaya di dalam ruangan. Namun, dedaunannya yang halus dapat melebar dan sedikit kasar seiring bertambahnya usia tanaman. 

Baca juga: 12 Tanaman Hias yang Cocok untuk Rumah Minimalis 

Pinus norfolk island (Araucaria heterophylla)

Jika Anda merindukan pinus dalam ruangan, cobalah memilih jenis pinus norfolk island atau norfolk island pine karena tanaman ini dapat mentoleransi cahaya rendah dan kelembapan di dalam ruangan sepanjang tahun.

Money tree (Pachira aquatica)

Money tree atau pohon uang adalah tanaman dalam ruangan yang ramah serta mampu menoleransi cahaya rendah.

Meski dapat mencapai ketinggian 18 meter di luar ruangan, pohon uang dapat mencapai ketinggian 2,4 kaki di dalam ruangan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com