Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Letakkan 5 Tanaman Hias Ini agar Rumah Terasa Sejuk Seperti di Puncak

Kompas.com - 02/05/2022, 09:06 WIB
Abdul Haris Maulana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membuat rumah terasa sejuk seperti di puncak mungkin suatu hal yang kamu inginkan.

Namun, untuk mewujudkan keinginan tersebut, jangan selalu bergantung pada penggunaan AC yang memakan banyak listrik dan memperburuk perubahan iklim.

Jika kamu menginginkan hawa rumah yang terasa sejuk seperti di puncak, cukup letakkan beberapa tanaman hias di sudut ruangan dalam rumahmu.

Baca juga: Kurangi Kelembapan di Kamar Mandi dengan Meletakkan 5 Tanaman Hias Ini

Dilansir dari House Beautiful, Senin (2/5/2022), berikut ini lima tanaman hias yang dapat membuat rumah terasa sejuk seperti di puncak.

Weeping fig atau ficus benjamina bisa menjadi pilihann tanaman hias untuk menyejukkan ruangan.SHUTTERSTOCK/ILLINA YULIIA Weeping fig atau ficus benjamina bisa menjadi pilihann tanaman hias untuk menyejukkan ruangan.
Ficus Benjamina
(Bonsai Beringin)

Ficus benjamina atau juga disebut bonsai beringin adalah satu dari sedikit pohon yang tumbuh dengan baik di dalam ruangan.

Pohon berdaun ini membantu menjaga udara di dalam ruangan tetap lembap dan sejuk, memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan bagi mereka yang menghabiskan waktu di dalam ruangan saat kondisi panas.

Pilih ficus benjamina dengan batang yang tinggi, serta dengan bagian atas yang lebat yang dapat berfungsi sebagai kanopi hutan kecil untuk tanaman lain di bawah atau di sekitarnya.

Dengan mengelompokkan tanaman bersama-sama, mereka menciptakan ekosistem atmosfer kecil mereka sendiri yang meningkatkan kelembapan di sekitarnya.

Baca juga: 5 Tips Memelihara Tanaman Bonsai di Dalam Ruangan agar Subur dan Sehat

Pastikan untuk menyiram tanaman ini secara teratur selama bulan-bulan musim panas dan posisikan dalam cahaya sedang, sehingga dapat menyerap sinar matahari.

Tips: Ficus benjamina membutuhkan lebih banyak air di tempat terang daripada di tempat teduh. Jadi, pastikan untuk tetap menyiraminya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com