Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Letakkan 5 Tanaman Hias Ini agar Rumah Terasa Sejuk Seperti di Puncak

Namun, untuk mewujudkan keinginan tersebut, jangan selalu bergantung pada penggunaan AC yang memakan banyak listrik dan memperburuk perubahan iklim.

Jika kamu menginginkan hawa rumah yang terasa sejuk seperti di puncak, cukup letakkan beberapa tanaman hias di sudut ruangan dalam rumahmu.

Dilansir dari House Beautiful, Senin (2/5/2022), berikut ini lima tanaman hias yang dapat membuat rumah terasa sejuk seperti di puncak.

Pohon berdaun ini membantu menjaga udara di dalam ruangan tetap lembap dan sejuk, memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan bagi mereka yang menghabiskan waktu di dalam ruangan saat kondisi panas.

Pilih ficus benjamina dengan batang yang tinggi, serta dengan bagian atas yang lebat yang dapat berfungsi sebagai kanopi hutan kecil untuk tanaman lain di bawah atau di sekitarnya.

Dengan mengelompokkan tanaman bersama-sama, mereka menciptakan ekosistem atmosfer kecil mereka sendiri yang meningkatkan kelembapan di sekitarnya.

Pastikan untuk menyiram tanaman ini secara teratur selama bulan-bulan musim panas dan posisikan dalam cahaya sedang, sehingga dapat menyerap sinar matahari.

Tips: Ficus benjamina membutuhkan lebih banyak air di tempat terang daripada di tempat teduh. Jadi, pastikan untuk tetap menyiraminya.

Ficus Elastica (Karet Kebo)

Meningkatkan kelembapan dalam suatu ruangan akan memberikan efek pendinginan. Dan ficus elastica sangat efektif dalam mengisi kembali kelembapan di udara.

Semakin banyak dedaunan yang dimiliki tanaman dan semakin besar daunnya, semakin banyak kelembapan yang akan dilepaskannya kembali ke udara.

Tanaman ini akan menyerap air melalui akarnya kemudian melepaskan uap air melalui pori-pori yang terletak di bagian bawah daun atau pelepahnya.

Tips teratas: Beri sedikit air agar tanah atau media tanam tetap lembap secara merata. Letakkan di tempat yang terang, tetapi tidak di bawah sinar matahari langsung yang cerah.

Oleh karena itu, tanaman ini juga memiliki tingkat transpirasi tinggi yang akan membantu melembapkan udara di sekitarnya.

Tips teratas: Tersedia dalam banyak varietas menarik, beberapa jenis aglonema memiliki dedaunan beraneka ragam.

Tapi, bagian terbaiknya adalah kualitas perawatannya yang rendah, sedikit air, dan cahaya redup.

Semakin besar permukaan daun tanaman palem, semakin banyak oksigen yang dapat dihasilkannya.

Susunan pohon palem tidak hanya indah untuk dilihat, tetapi juga menciptakan semacam hutan hujan dalam ruangan mini, sehingga menjadi cara sempurna untuk memberikan rumah nuansa tropis saat cuaca panas.

Tips teratas: Penyemprotan air mingguan pada tanaman akan membuat tanaman tetap sehat dan meningkatkan kelembapan.

Sama seperti lidah buaya, daun lidah mertua memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga mengeluarkan uap air dingin yang menguap ke udara.

Tanaman ini juga mengeluarkan oksigen, membuat siapa pun tetap sejuk selama cuaca panas.

Sukulen yang mencolok ini juga dikenal untuk menghilangkan racun dari udara, seperti benzena dan formaldehida.

Tips teratas: Lidah mertua dapat diletakkan di tempat yang cerah. Jadi, tanaman ini ideal untuk diletakkan di jendela, sehingga membantu menghalangi sinar matahari yang berlebihan dari sebuah ruangan.


Lidah mertua akan memiliki efek pendinginan pada ruangan dan menciptakan beberapa naungan untuk tanaman lain.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/02/090600976/letakkan-5-tanaman-hias-ini-agar-rumah-terasa-sejuk-seperti-di-puncak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke