Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/04/2022, 08:16 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda adalah penderita alergi namun ingin memelihara anjing, Anda perlu memilih ras anjing yang tepat. Sebab, beberapa ras anjing lebih mungkin menyebabkan reaksi pada orang dengan alergi daripada yang lain.

Dikutip dari The Spruce Pets, Senin (18/4/2022), kebanyakan orang berasumsi bahwa semakin sedikit bulu anjing, semakin kecil kemungkinan mereka untuk memicu alergi. Namun, hal ini tidak benar.

Namun, permasalahannya adalah air liur anjing. Gigi taring anjing menghasilkan ketombe, yakni kulit mati yang mengelupas dari tubuh.

Baca juga: 5 Aktivitas yang Dapat Membakar Energi Anjing Peliharaan

Ilustrasi anjing Basset hound Pixabay/Ernest_Roy Ilustrasi anjing Basset hound

Ketombe menempel pada bulu anjing, jadi anjing yang secara alami banyak rontok meninggalkan lebih banyak bulu di sekitar rumah.

Rasa anjing yang cenderung mengeluarkan banyak air liur juga cenderung bermasalah untuk penderita alergi, karena mereka akan menyebarkan lebih banyak air liur di sekitar rumah.

Berikut beberapa ras anjing yang tidak cocok untuk penderita alergi.

1. Basset Hound

Basset Hound umumnya memiliki sifat manis, menyenangkan, dan santun, dengan karakter keras kepala. Ini adalah salah satu anjing yang paling disukai, tetapi belum tentu merupakan pilihan yang tepat untuk penderita alergi.

Baca juga: Anjing Peliharaan Suka Muntah di Karpet? Ini Alasannya

Anjing Basset Hound memiliki rahang dan lipatan kulit yang besar dan merupakan penghasil air liur yang banyak. Air liur mereka lebih mungkin untuk menemukan jalan ke kulit Anda, perabotan lembut, dan barang-barang lainnya di rumah.

Peningkatan potensi paparan ini menempatkan jenis ini pada risiko yang lebih tinggi untuk memicu alergi. Selain itu, Basset Hound memiliki mantel pendek tetapi banyak rontok, yang berarti lebih banyak bulu di sekitar rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com