Kompas.com - 17/04/2022, 11:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan manusia, anjing juga membutuhkan latihan, stimulasi mental, dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari mereka. 

Namun, dalam kondisi tertentu, anjing terpaksa menghabiskan waktu dan melakukan kegiatan di dalam rumah seperti kondisi kesehatan sang pemilik yang menurun atau cuaca yang tengah buruk. 

Baca juga: 8 Cara Menghentikan Kebiasaan Menggigit pada Anjing Peliharaan

Meski begitu, tak perlu khawatir, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan bersama anjing peliharaan di rumah untuk menghilangkan rasa bosan serta membuat anjing tetap aktif.

Dikutip dari The Spruce Pets, Minggu (17/4/2022), berikut lima aktivitas yang dapat membakar energi anjing peliharaan. 

Baca juga: 10 Ras Anjing Warna Putih yang Lucu dan Menggemaskan

Pesta berburu

Ilustrasi anjing berbaring di tempat tidurnyaUnsplash/Roberto Nickson Ilustrasi anjing berbaring di tempat tidurnya
Kucing dikenal sebagai predator dan suka berburu, tetapi jangan lupa bahwa anjing juga suka berburu. Alih-alih memberi makan anjing hanya dari mangkuk, asah naluri berburunya.

Sembunyikan beberapa kibble atau camilan anjing peliharaan di area rumah. Anda dapat menyembunyikannya dengan tanpa penutup atau menggunakan mainan dan pengumpan teka-teki yang dibuat secara komersial.

Jika anjing belum pernah menggunakan pengumpan teka-teki sebelumnya, sebaiknya sembunyikan umpan-umpan di tempat strategis atau sering dikunjungi sahabat bulu. 

Jangan membuat perburuan pertama anjing terlalu sulit, anjing menyerah, dan menjadi hal tidak menyenangkan bagi anjing.  

Baca juga: Gampang, Ini 5 Cara Menghilangkan Bau Anjing dari Rumah

 

Permainan teki-teki

Ada juga berbagai pengumpan dan mainan puzzle stasioner. Ketika para profesional kedokteran hewan semakin banyak belajar tentang perilaku anjing, mereka mendapatkan pemahaman lebih baik tentang kebutuhan anjing akan stimulasi dan pengayaan mental. 

Ini bagus untuk pemilik anjing karena semakin banyak mainan puzzle yang tersedia secara komersial. Sama dengan pengumpan teka-teki bergulir, siapkan anjing untuk sukses melakukannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.