Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal Penting yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Merenovasi Rumah

Kompas.com - 10/04/2022, 19:36 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan membeli rumah, merenovasi rumah juga membutuhkan banyak pertimbangan dan persiapan, dari penetapan tujuan, desain, hingga anggran.

Pasalnya, ketika menjalani merenovasi rumah, ada sejumlah hal yang bisa menyebabkan kesalahan sehingga membuat proyek tersebut mandek, bahkan gagal. 

Baca juga: 5 Hal Penting yang Perlu Dipertimbangkan Saat Merenovasi Rumah

Belum lagi, merenovasi rumah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Salah-salah bisa membuat anggaran membengkak. Untuk itu, penting memiliki perencanaan yang matang serta mempertimbangkan sejumlah hal. 

Desainer interior, Darren Palmer, membagikan beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan sebelum merenovasi rumah dilansir dari Real Estate, Minggu (10/4/2022).  

Baca juga: 4 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Merenovasi Rumah 

Buat ringkasan

Ilustrasi merenovasi rumahSHUTTERSTOCK/r.classen Ilustrasi merenovasi rumah
Jika mempekerjakan atau mengontrak orang untuk proyek renovasi rumah, Anda biasanya akan membuat dan memberi mereka penjelasan singkat tentang keinginan dan tujuan yang diinginkan. 

"Ringkasan harus mencakup garis waktu, anggaran, suasana hati, gaya, inklusi, pengeluaran bahan, kebutuhan dan persyaratan penghuni, serta detail lainnya untuk membantu memandu setiap keputusan, pembelian, juga inklusi Anda," jelas Darren.

Dengan memiliki referensi visual, Anda dapat melacak dampak estetika pada keputusan pembelian dan desain serta memastikan memiliki hasil yang diinginkan setelah selesai. 

Anda tidak perlu memiliki stylist untuk membuat dokumen pengarahan atau ringkasan sendiri, bahkan tidak perlu membaginya dengan siapa pun. Ini bisa menjadi alat yang berguna untuk mengatur pemikiran dan rencana renovasi Anda. 

Baca juga: Tips Menghemat Pengeluaran saat Merenovasi Rumah

Rancang anggaran 

Bersamaan dengan ringkasan, Darren merekomendasikan membuat anggaran terperinci untuk mendikte keputusan pembelian Anda.

Ingat, Anda akan membuat seratus keputusan selama beberapa bulan mendatang. Karena itu, merancang anggaran yang tepat akan membantu membatasi pilihan Anda. 

"Buat spreadsheet anggaran berdasarkan sebanyak mungkin biaya aktual yang dikonfirmasi," saran Darren.

Hal itu berarti mencari sebanyak mungkin sebelum mulai merenovasi rumah, bekerja melalui harga terbaik, dan menemukan penawaran terbaik.

Selain merenovasi rumah, kata Darren, membuat anggaran sangat penting dilakukan untuk menjual atau merenovasi properti investasi karena Anda perlu mengingat keuntungan. 

Baca juga: Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Merenovasi Rumah 

Buat papan inspirasi

Ilustrasi merenovasi rumahShutterstock/Sergey Nivens Ilustrasi merenovasi rumah
Menurut Darren, papan inspirasi adalah "penting", Anda akan melihat banyak gambar inspiratif ketika pertama kali memikirkan renovasi rumah. 

"Kuncinya adalah membuang semua yang Anda sukai di satu tempat, baik itu folder fisik potongan majalah maupun papan Pinterest, kemudian mencari elemen umum yang muncul kembali di semua referensi Anda," ucapnya. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com