Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/04/2022, 07:12 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat membuka freezer adalah embusan udara dingin. Jika embusan udara dingin disertai bau tidak sedap, kemungkinan ada hal yang tidak beres.

Dikutip dari Hunker, Kamis (7/4/2022), apabila baunya tetap ada setelah mengeluarkan sumbernya atau jika Anda tidak dapat menemukannya, inilah saatnya untuk membersihkan freezer.

Berikut sumber bau di freezer dan cara mengatasinya.

Baca juga: 7 Kesalahan Penggunaan Freezer yang Harus Dihindari, Apa Saja?

 

Ilustrasi freezer, menyimpan makanan di freezer. SHUTTERSTOCK/LIGHTFIELD STUDIOS Ilustrasi freezer, menyimpan makanan di freezer.

Penyebab bau freezer

Setiap kali freezer mulai berbau aneh, bakteri menjadi penyebabnya. Bakteri adalah organisme hidup kecil yang mengendap di makanan dan tumbuh di sana, menyebabkan makanan rusak dan membusuk.

Jika di rumah Anda baru terjadi pemadaman listrik atau ada tumpahan cairan dari daging segar dalam freezer saat membeku, cukup jelas dari mana bau di dalam freezer berasal.

Namun, kita cenderung lupa bahwa membekukan makanan sebenarnya hanyalah cara untuk memperlambat pembusukannya.

Meskipun makanan terurai jauh lebih lambat di dalam freezer daripada di lemari es atau di meja dapur, makanan tetap akan membusuk seiring waktu.

Baca juga: 6 Pilihan Wadah Makanan yang Dapat Digunakan di Freezer

Terkadang, bau freezer sebenarnya dimulai di kulkas. Karena kulkas dan freezer sering ditempatkan di satu alat, mudah bagi bau dari kulkas untuk berpindah ke freezer atau sebaliknya.

Cara menghilangkan bau tidak sedap di freezer

Jika bau tak sedap di freezer masih bisa ditoleransi, pembersihan ringan mungkin bisa membantu. Keluarkan isi freezer, pindahkan ke kotak pendingin portabel agar tetap dingin saat Anda bekerja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com