Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Mencuci Pisau agar Tidak Berkarat dan Tumpul

Kompas.com - 03/04/2022, 13:45 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Pisau merupakan alat masak yang memiliki peranan penting di dapur. Karena itu banyak orang yang rela menghabiskan budget lebih banyak saat membeli pisau.

Pisau dengan kualitas baik memiliki mata pisau yang lebih tajam dan presisi. Tentunya hal ini akan memudahkan dalam memotong dan mengiris bahan makanan. Pisau juga dibuat dengan material yang beragam dengan cara perawatan yang berbeda-beda pula.

Melansir dari Martha Stewart, Minggu (03/04/2022), sebelum mencuci pisau sebaiknya kenali material pisau yang kamu gunakan.

Agar lebih awet dan anti karat, hindari mencuci pisau dengan mesin pencuci piring. Kamu bisa mencuci pisau secara manual dan aman dengan mengikuti tips di bawah ini.

Baca juga: 5 Tips Merawat Pisau agar Tetap Tajam, Bebas Karat, dan Tahan Lama

Hindari merendam pisau

Menurut Viola Wüsthof, seorang CEO dari perusahaan pisau, merendam pisau di dalam air dapat membuat bilah dan gagang pisau cepat berkarat.

Selain itu, ujung pisau yang tajam juga dapat merusak peralatan masak lain saat direndam bersama-sama.

Cara terbaik untuk membersihkan pisau adalah langsung mencucinya setelah selesai digunakan. Dengan cara ini pisau akan lebih steril dan tidak ada penumpukan bateri di permukaannya.

Baca juga: Cara Menajamkan Pisau Dapur Menggunakan Batu Asah

Keringkan pisau sebelum di simpan

Ilustrasi pisau. Shutterstock/Fortyforks Ilustrasi pisau.

Setelah pisau di cuci, keringkan pisau dengan menggunakan handuk atau lap dapur. Air yang dibiarkan mengering di permukaan pisau akan meninggalkan noda yang mengganggu.

Selain itu, sisa air cucian ini juga dapat memicu adanya karat yang bisa memperpendek usia pisau.

Baca juga: Plus Minus Blok Pisau Dapur Kayu, Magnetik, dan Pelindung Plastik

Hindari memegang bilah pisau

Saat mencuci pisau sebaiknya hindari memegang bilah pisau dengan tangan. Pegang ganggang pisau kemudian seka bilah pisau menggunakan spons cuci piring.

Dengan cara ini kemungkinan pisau tergelincir dan melukai tangan sangatlah kecil. Agar tidak licin, hindari menggunakan sarung tangan karet saat membersihkan pisau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com