Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/03/2022, 09:14 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam beberapa waktu terakhir, popularitas air fryer kian melesat. Ini karena meningkatnya kesadaran akan kesehatan dan masih tingginya minat akan makanan yang digoreng.

Selain itu, saat ini semakin banyak orang membeli air fryer karena harga minyak goreng yang melambung tinggi. Memasak dengan air fryer memungkinkan Anda memasak tanpa minyak goreng atau hanya sedikit saja minyak yang dibutuhkan.

Dilansir Medical News Today, Kamis (24/3/2022), produsen air fryer mengiklankan alat ini sebagai alat untuk membuat dan menikmati makanan yang digoreng tanpa efek kesehatan yang merugikan dari makanan yang digoreng dengan minyak.

Baca juga: Apakah Memasak dengan Air Fryer Tidak Perlu Minyak Sama Sekali?

 

Ilustrasi air fryer. SHUTTERSTOCK/VENUS ANGEL Ilustrasi air fryer.

Makanan yang digoreng dengan air fryer memiliki kandungan lemak yang lebih rendah daripada makanan yang digoreng, yang berarti makanan tersebut mungkin lebih menyehatkan.

Namun, beberapa pihak khawatir tentang kemungkinan risiko kesehatan, terutama karena kekhawatiran akan toksisitas dan kanker.

Produsen air fryer merancang alat tersebut untuk menciptakan cara yang lebih sehat untuk memasak makanan yang digoreng, bukan untuk menggantikan metode tradisional yang sehat dalam menyiapkan makanan, seperti memanggang.

Makanan yang digoreng cenderung mengandung lebih banyak lemak daripada makanan yang dimasak dengan cara lain.

Baca juga: 6 Tips Menggunakan Air Fryer agar Makanan Lebih Renyah

Karena air fryer membutuhkan hanya sedikit minyak dibandingkan yang dibutuhkan oleh penggorengan, orang dapat memiliki makanan yang lebih sehat dengan rasa dan tekstur yang serupa.

Bagaimana cara kerja air fryer?

Air fryer bekerja dengan mengedarkan udara panas di sekitar makanan untuk menciptakan kerenyahan yang sama seperti pada makanan gorengan tradisional. Air fryer melakukannya dengan menghilangkan minyak tinggi lemak dan berkalori tinggi dari proses memasak.

Dengan menggunakan hanya satu sendok makan minyak goreng dan bukan beberapa cangkir, Anda dapat menghasilkan hasil yang sama seperti yang diakukan dengan penggorengan dengan sebagian kecil lemak dan kalori.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com