Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/03/2022, 21:23 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Air fryer adalah salah satu peralatan elektronik rumah tangga yang semakin populer. Sebab, air fryer memungkinkan Anda menggoreng tanpa minyak dan memasak lebih cepat.

Dikutip dari Insider, Sabtu (19/3/2022), air fryer bekerja menggunakan udara panas yang bersirkulasi dengan cepat untuk membuat makanan renyah tanpa perlu minyak dalam jumlah besar. Air fryer semakin populer karena kenyamanan dan keserbagunaannya.

Untuk Anda yang berencana membeli air fryer, berikut beberapa tips menggunakan air fryer agar memasak lebih efisien dan makanan lebih renyah.

Baca juga: Cara Membersihkan Air Fryer agar Tidak Bau dan Berkerak

Ilustrasi air fryer. SHUTTERSTOCK/VENUS ANGEL Ilustrasi air fryer.

1. Jangan lupa panaskan dulu air fryer Anda

Chris Riley, chef dan pendiri The Daring Kitchen menjelaskan, Anda harus selalu memanaskan air fryer sebelum mengisinya dengan makanan.

"Dengan melakukan ini, Anda menghemat waktu karena makanan lebih cepat siap," kata Riley.

Untuk memanaskan air fryer, cukup nyalakan dua hingga tiga menit sebelum digunakan. Anda juga dapat menggunakan pengaturan panaskan terlebih dahulu jika unit air fryer Anda memilikinya.

2. Pilih air fryer yang tepat untuk dapur dan gaya hidup Anda

Air fryee tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, dari unit besar yang dimaksudkan untuk memasak dalam jumlah banyak hingga model kecil yang dapat diletakkan hampir di mana saja.

Baca juga: 7 Kesalahan Penggunaan Air Fryer yang Sering Dilakukan

Fiona Kennedy, koki penelitian dan pengembangan untuk The Spice Lab, mengatakan, Anda qkan mendapatkan lebih banyak manfaat dari air fryer jika Anda memilih yang sesuai dengan kebutuhan.

"Jika Anda lajang atau tinggal di kos, alat penggoreng udara kecil yang cukup untuk memasak satu atau dua orang sekaligus sangat cocok," terang Kennedy.

"Jika Anda memiliki keluarga dengan empat orang, Anda akan menginginkan unit yang lebih besar yang menampung lebih banyak makanan dan mudah dibersihkan," imbuh dia.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com