Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengetahui Intensitas Cahaya di Rumah untuk Tanaman

Kompas.com - 19/03/2022, 12:46 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk bisa tumbuh dengan subur, tanaman membutuhkan sinar matahari sebagai sumber kehidupan utamanya.

"(Tanaman) membutuhkan cahaya untuk melakukan fotosintesis dan tumbuh," kata Angelo Kelvakis, ahli hortikultura di Rise Gardens yang dilansir Martha Stewart, Sabtu (19/3/2022).

Ketika tanaman hias diletakkan di dalam rumah, sebenarnya tanaman sangat  membutuhkan sinar matahari seperti di habitat aslinya. 

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Tidak Membutuhkan Cahaya Matahari Langsung

Ilustrasi tanaman hias di apartemenUnsplash/Patrick Perkins Ilustrasi tanaman hias di apartemen

Akan tetapi, keadaan rumah yang terkadang tidak cukup terpapar sinar matahari menyebabkan tanaman ini tidak memiliki kondisi hidup yang ideal.

Oleh karena itu, mengetahui cara menentukan ruangan mana di dalam rumah yang menerima cahaya terang, tidak langsung, dan rendah penting untuk memastikan Anda menempatkan tanaman hijau di ruang yang benar.

Empat jenis pencahayaan

Saat merawat tanaman di rumah, penting untuk mengetahui asal-usul varietas tanaman dan mencoba meniru kondisi yang disukainya sedekat mungkin, ujar Matt Aulton atau yang lebih dikenal sebagai Matt In The Yellow Hat, salah satu pendiri Plant Proper. Ini dapat mencakup semuanya, mulai dari air hingga pencahayaan.

“Dengan itu, kami menganggap ada empat kondisi pencahayaan yang berbeda, yakni cahaya langsung terang (matahari penuh), cahaya tidak langsung terang, cahaya tidak langsung sedang, dan cahaya tidak langsung rendah,” katanya.

Baca juga: 3 Ide Mendekorasi Dapur dengan Tanaman Hias agar Terlihat Segar

Tanaman yang membutuhkan cahaya terang harus menerima sinar matahari penuh selama empat jam atau lebih sepanjang hari, kemudian, cahaya tidak langsung terang melibatkan banyak sinar matahari, tetapi dengan penyangga antara tanaman dan sumbernya.

"Ini bisa berupa tirai tipis atau sesuatu yang sederhana seperti tirai jendela," jelas Aulton.

Selanjutnya, cahaya tidak langsung sedang, yang melibatkan paparan cahaya tidak langsung selama beberapa jam dan terakhir, ada cahaya tidak langsung yang rendah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com