Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gampang, Ini 5 Cara Membuat Dapur Lebih Modern dan Penuh Gaya

Kompas.com - 02/03/2022, 07:56 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap pemilik rumah tentu menginginkan dapur yang cantik, penuh gaya, dan tertata rapi. 

Sayangnya, memperoleh tampilan dapur seperti itu tidaklah mudah. Mendekorasi dan merenovasi dapur membutuhkan biaya cukup besar. 

Baca juga: 5 Trik Membuat Tampilan Dapur Lebih Menarik dan Nyaman

Namun, dengan melakukan beberapa penyesuaian kecil dan berkreasi sesuai kemampuan, dapat membantu membuat dapur tampak menarik, modern, serta penuh gaya. 

Dikutip dari Real Estate, Rabu (2/3/2022), berikut cara cepat dan mudah membuat dapur  lebih modern dan penuh gaya. 

Baca juga: 5 Material Meja Dapur yang Hemat Anggaran

 

Pilih peralatan benchtop yang bergaya

Ilustrasi dapurShutterstock/Breadmaker Ilustrasi dapur
Peralatan dapur yang lebih besar bisa mahal untuk diganti secara tiba-tiba. Untuk itu, cobalah berinvestasi dalam beberapa barang yang lebih kecil untuk membuat meja dapur terlihat modern.

Ketel dan pemanggang roti telah berkembang jauh dari model plastik putih tua dahulu kala. Pertimbangkan memilih seri hitam matte yang ramping untuk membuat dapur tampak modern. 

"Anda dapat memiliki barang-barang ini di bechtop dapur dan menjadikannya fitur. Mereka sangat menarik dan sangat cantik,” kata Penny Middlemiss, desainer interior dan salah satu pendiri Anju Designs.

Baca juga: Catat, 10 Bahan Makanan Dapur Ini Tidak Akan Kedaluwarsa, asalkan... 

Berbelanja secara royal untuk keran dapur

Tapware atau keran air dengan sedikit hiasan adalah hal populer di dapur modern. Ada banyak model keran di pasaran seperti keran selang, keran dengan leher melengkung, keran hitam matte, dan keran berornamen.

Salah satu pendiri Anju Designs, Rebecca Reiken, mengatakan gaya keran air yang tepat bergantung pada gaya dapur. Namun, pilihan populer untuk dapur modern adalah keran gooseneck dengan selang pembilas tarik. 

Baca juga: Wastafel Dapur Bau? Atasi dengan 4 Cara Ini 

Pertimbangkan menambahkan banyak warna

Ilustrasi dapurUnsplash/Sidekix Media Ilustrasi dapur
Rebecca mengatakan orang-orang masih menyukai warna netral karena tidak akan pernah ketinggalan zaman, tetapi dapur perlu memiliki lebih banyak warna. 

“Kami baru saja (menyelesaikan) dua dapur dan telah melakukan blues berbeda di lemari.”

Cobalah memikirkan cara untuk melengkapi fitur yang ada dan mengubah skema warna dengan sentuhan estetis seperti mengecat pintu lemari, mengecat dinding, menambahkan percikan warna, atau membuat kursi bar berwarna. 

Baca juga: 6 Inspirasi Dekorasi Dapur Mewah, Bersih dan Elegan 

Rapikan dan atur

Dapur modern dan bergaya biasanya sangat minimalis. Artinya, tidak menggunakan banyak barang dan tidak boleh ada barang berserakan. 

“Bersihkan bangku Anda dan miliki hanya beberapa benda bagus,” saran Rebecca.

Pastikan semuanya memiliki ruang. Misalnya, jika memiliki garam dan merica, taruh di atas nampan kecil. Jika mencari proyek lebih besar, atur dapur ke dalam wadah berlabel atau atur isinya ke dalam laci organizer. 

Baca juga: 8 Hal yang Tidak Harus Dilakukan saat Memasak di Dapur 

Ganti pintu kabinet dapur 

Ilustrasi kabinet dapurUnsplash/Sidekix Media Ilustrasi kabinet dapur
Gaya modern melibatkan banyak sentuhan akhir yang minimal dan ramping. Salah satu cara mencapai tampilan ini tanpa renovasi penuh adalah mengganti pintu kabinet dapur atau melakukan sedikit penyesuaian DIY.

Misalnya, banyak dapur modern tidak memiliki pegangan pintu. Sebaliknya, perlu menyentuhnya untuk membuka pintu.

Jika memiliki dapur yang cukup standar dengan lemari putih, ini dapat dengan mudah dipasang. Ingatlah untuk melakukan pengukuran dan konsultasi.

Cara lain mengganti gagang lemari yang sudah buruk dengan model terbaru dan memasangnya kembali untuk tampilan lebih segar. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com