Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Sedap Dipandang, Ini 4 Cara Menyembunyikan Kabel Listrik di Dapur

Kompas.com - 26/02/2022, 13:50 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber decor tips

JAKARTA, KOMPAS.com – Rangkaian kabel listrik yang menghiasi dinding dapat membuat tampilan dapur kurang menarik, terlebih jika kabel saling membelit satu sama lain.

Selain itu, pemandangan kabel dapat memberi kesan kurang teratur pada dapur, dan menyulitkanmu untuk membersihkan ruangan tersebut.

Baca juga: 6 Hal yang Perlu Dihindari Saat Menggunakan Stopkontak

Disadur dari Decortips, Sabtu (26/2/2022), terdapat beberapa cara untuk menyembunyikan kabel listrik di dapur, yakni sebagai berikut.

1. Gunakan pipa khusus kabel

Ilustrasi wiring duct, ilustrasi wireway, ilustrasi pelindung kabel.SHUTTERSTOCK / Nor Gal Ilustrasi wiring duct, ilustrasi wireway, ilustrasi pelindung kabel.

Ada sebuah pipa berbentuk kotak yang dirancang khusus untuk membuat kabel terlihat lebih rapih, yakni wireway yang juga dikenal dengan wiring duct.

Pelindung kabel ini datang dalam beberapa bahan, termasuk logam, plastik, dan fiberglass. Bentuknya ada yang lurus, sudut siku-siku (untuk ditaruh di sudut ruangan), setengah lingkaran, dan lain-lain.

Sebelum membelinya, pertimbangkan berapa banyak kabel yang ingin disembunyikan, ukuran dari masing-masing kabel, dan posisi penempatan wiring duct.

Biasanya, wiring duct memiliki tutup berengsel yang memudahkannya untuk dibuka. Warnanya juga beragam, salah satunya adalah putih.

Baca juga: 5 Cara Menyembunyikan Kabel Televisi Menurut Para Ahli

2. Manfaatkan papan lis

Skirting atau papan lis adalah pembatas antara lantai dan tembok. Untuk papan lis yang tidak dipasang menempel pada tembok (built-in) melainkan dipasang di depan tembok, gunakan bagian dalamnya untuk menyembunyikan kabel listrik.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com