Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Bisa Meningkatkan Biaya Tagihan Listrik di Rumah

Kompas.com - 03/11/2021, 21:27 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemakaian berbagai alat elektronik secara bersamaan dapat meningkatkan biaya listrik di dalam rumah. Terlebih bila alat elektronik tersebut memerlukan konsumsi daya listrik yang tinggi. 

Akan tetapi, melansir dari Country Living, Rabu (3/11/2021), sebenarnya ada banyak hal yang membuat tagihan listrik di rumah meningkat di samping penggunaan alat elektronik. Apa saja?

Berikut ini empat hal yang bisa meningkatkan biaya tagihan listrik di rumah.  

Baca juga: 5 Trik Menghemat Tagihan Listrik di Rumah

Kumparan kulkas kotor

Kapan terakhir kali membersihkan gulungan di bagian belakang kulkas? Menurut Tap Warehouse, gulungan yang kotor membuat kulkas bekerja lebih keras untuk menjaga makanan tetap dingin, yang berarti dapat membuat Anda membayar listrik lebih mahal.

Untuk memastikan kulkas tetap bersih dan tagihan listrik tidak naik, gulungan atau kumparan kulkas harus dibersihkan setahun sekali. Terlebih, kumparan kulkas yang kotor bisa mempersingkat usia pemakaian kulkas.  

Baca juga: 3 Cara Menghemat Listrik Saat Menggunakan Mesin Cuci

Keran menetes

Ilustrasi keran airUnsplash/Jos Speetjens Ilustrasi keran air
Keran bocor atau menetes adalah masalah yang disebabkan mesin cuci yang aus atau karet yang rusak. Hal ini ternyata dapat mengakibatkan tagihan air yang besar jika tidak segera diperbaiki.

Keran yang terus-menerus menetes dapat menggunakan lebih dari 450 liter air setiap tahun dan menambah biaya tagihan listrik.  

Baca juga: Ragam Cara agar Pemakaian Kulkas Hemat Listrik

Shower bocor

Ilustrasi shower, kepala shower.SHUTTERSTOCK/TERO VESALAINEN Ilustrasi shower, kepala shower.
Sama dengan keran menetes, shower yang bocor bisa menggunakan lebih banyak air dalam waktu kurang dari lima menit daripada mandi.

Ketika air menetes dari kepala pancuran, air akan terbuang sia-sia. Untuk membantu menghemat biaya, perbaiki shower atau ganti dengan yang baru jika perbaikan tidak bisa dilakukan.  

Baca juga: 7 Cara Mencegah Tagihan Listrik Membengkak

Membiarkan keran tetap menyala saat mencuci piring

Tahukah Anda bahwa membilas piring selama 10 menit dapat membuang cukup air untuk mengisi bak mandi 100 liter?

Untuk lebih berhemat, gunakan bak cuci piring yang dapat menampung air bersih tersebut dan hanya menggunakan 10 liter air. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com