Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Mengurangi Suara Bising di Ruangan Besar

Kompas.com - 18/02/2022, 22:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di dalam ruangan yang besar dan luas, suara akan lebih terdengar jelas karena memantul ke dinding

Mulai dari, suara orang berjalan menggunakan alas kaki, suara bayi menangis, percakapan yang keras, bahkan gonggongan anjing

Baca juga: Kenali, Ini 8 Suara Aneh yang Dikeluarkan AC dan Penyebabnya

Suara-suara itu sebenarnya adalah gelombang suara yang bergerak di sekitar ruangan, yang akhirnya mempengaruhi kenyamanan di dalam ruangan tersebut.

Namun, jangan khawatir, dilansir dari Home Guides SF Gate, Jumat (18/2/2022), ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk meredam suara bising di ruangan besar seperti berikut ini. 

Jendela dan dinding

Ilustrasi ruang keluarga dengan hiasan dindingUnsplash/Spacejoy Ilustrasi ruang keluarga dengan hiasan dinding
Tutupi jendela dengan tirai tebal yang terbuat dari bahan beludru, brokat, atau suede. Tirai tebal dapat membantu menyerap kebisingan yang memantul dari dinding pada ruangan yang lebih besar.

Tirai termal berinsulasi adalah opsi pengurang kebisingan lainnya untuk jendela. Bisa juga menggantung karpet besar pada dinding atau tutupi dinding dengan kain untuk membantu mengurangi tingkat kebisingan

Baca juga: 9 Cara Meredam Suara dari Luar Rumah, Jadi Lebih Tenang 

Plafon 

Pasang balok palsu berlapis kain pada plafon berkubah yang menjulang tinggi untuk memberikan penyerapan suara yang tenang. Ini adalah cara ideal mengurangi kebisingan. 

Ide lain mengurangi kebisingan adalah menempelkan ubin plafon busa akustik langsung di atas plafon yang ada.

Ubin ini memiliki berat yang ringan, tersedia dalam berbagai macam varietas, dan mudah dipasang. Selain itu, bisa juga menutupi plafon serta dinding dengan cat peredam suara. 

Baca juga: 5 Tanaman Ini Dapat Meredam Suara Bising 

Lantai

Ilustrasi ruang keluarga dengan hiasan dindingUnsplash/Spacejoy Ilustrasi ruang keluarga dengan hiasan dinding
Padding pelindung lantai tebal yang dipasang di bawah karpet tebal dapat membantu mengurangi kebisingan di ruangan besar. 

Jika memiliki lantai kayu atau keramik, tambahkan karpet luas untuk meredam suara di dalam ruangan. Letakkan alas karpet antiselip di bawah karpet untuk lebih mengurangi tingkat kebisingan.

Karpet yang lebih empuk dan tebal dapat menyerap kebisingan lebih baik daripada karpet tipis.  

Baca juga: 5 Cara Membuat Kamar Tidur Kedap Suara

Furnitur 

Furnitur berlapis kain dapat membantu mengurangi tingkat kebisingan di ruangan besar. Sofa besar dan kursi yang dilapisi material suede, velvet, chenille, microfiber atau kain mewah lainnya dapat menyerap suara di ruangan sehingga membuatnya lebih tenang.

Tambahkan berbagai bantal bertekstur untuk memaksimalkan penyerapan kebisingan. Pembatas ruangan (partisi) atau layar dengan panel tekstil juga dapat membantu mengurangi tingkat kebisingan. Material ini mudah dibawa-bawa serta memungkinkan Anda memindahkannya sesuai dengan kebutuhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com