Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Peredam Suara untuk Kamar Tidur Menggunakan Rak Telur

Kompas.com - 22/05/2021, 19:00 WIB
Lolita Valda Claudia,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Memiliki kamar tidur yang dapat meredam suara merupakan hal penting untuk sebagian orang, terutama mereka yang hobi mendengarkan atau bermain musik, menonton film, hingga bernyanyai.

Dengan adanya peredam suara, tidak akan mengganggu kenyamanan orang lain ketika kamu tengah bernyanyi atau mendengarkan musik dengan suara keras di kamar tidur. 

Baca juga: DIY Wall Grid dari Kertas HVS Bekas untuk Hiasan Kamar Estetik

Nah, kini kamu tak perlu kebingungan untuk membeli alat peredam suara dengan harga mahal. Kamu bisa memanfaatkan rak telur sebagai alternatif peredam suara di kamar tidur.

Melansir dari kanal YouTube Ikhsantartila, Sabtu (22/05/2021), berikut ini cara membuat peredam suara kamar tidur menggunakan rak telur.

Baca juga: Mudah dan Murah, DIY Pot Bunga Minimalis dari Semen

Siapkan rak telur dan pilox

Langkah pertama ialah menyiapkan rak telur. Kamu bisa mencari rak telur di warung-warung grosir yang khusus menjual telur atau bisa pula mengumpulkannya setiap kali membeli telur. Jumlah rak telur yang dibutuhkan tergantung luas kamar tidurmu.

Selanjutnya, siapkan dua kaleng pilox warna hitam untuk mengecat rak telur agar terlihat lebih menarik dan estetik ketika ditempel di dinding kamar.

Baca juga: Murah Meriah, DIY Membuat Pewangi Kamar Mandi dengan Sabun Batang

Warnai Rak Telur

Kemudian, warnai rak telur dengan pilox yang sudah disiapkan. Disarankan memakai masker ketika mewarnai rak telur agar zat kimia pilox tidak terhirup dan membuatmu sesak napas.

Jika tak ada pilox, kamu juga bisa menggunakan cat minyak yang dimasukkan ke dalam bekas kaleng obat nyamuk semprot sebagai pengganti kaleng pilox. Setelah dicat, jemur rak telur dan tunggu hingga mengering.

Baca juga: DIY Kalung Anjing Menggunakan Kaus Bekas

Tempel ke Dinding

Setelah cat mengering, kini saatnya menempelkan rak telur di dinding atau di langit-langit sebagai peredam suara.

Cara menempelkan rak telur ke dinding ialah menggunakan lem aibon atau lem tembak agar merekat erat. Tekan-tekan rak telur ke dinding agar menempel kuat. Lakukan hal ini ke semua dinding kamar. 

Baca juga: Unik dan Nyentrik, Tips Mengecat Dinding Kamar dengan 2 Warna Kontras

Kini, peredam suara dari rak telur sudah bisa digunakan. Bagaimana tertarik mencoba DIY di atas? 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com