Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri Ikan Cupang Kesepian, Stres dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 18/02/2022, 18:35 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Ikan cupang dikenal sebagai ikan yang mudah berkelahi dan menyerang ikan lainnya. Pada habitat aslinya, ikan cupang merupakan jenis ikan teritorial yang suka bertarung untuk mempertahankan areanya.

Karena sifatnya inilah ikan cupang dipelihara di dalam akuarium tersendiri tanpa ikan lainnya. Apabila ikan lain stres jika harus hidup sendirian, bagaimana dengan ikan cupang? Hal apa yang bisa menyebabkan ikan cupang stres, apakah karena hidup sendiri?

Melansir dari Pet Helpful, Jumat (18/2/2022), sebelum memelihara cupang sebaiknya ketahui sifat ikan cupang sehingga kamu bisa memberikan area tinggal yang sesuai dengan karakternya.

Baca juga: 4 Tips Merawat Ikan Cupang yang Sudah Tua

Apakah ikan cupang merasa kesepian?

Kebanyakan varietas ikan cupang betina memiliki sirip ekor yang lebih pendek daripada jantan.PEXELS/TIM MOSSHOLDER Kebanyakan varietas ikan cupang betina memiliki sirip ekor yang lebih pendek daripada jantan.

Meskipun terlihat menyedihkan, ikan cupang menikmati hidup sendiri dan tidak merasa kesepian.

Bahkan jika diberi pilihan, ikan cupang lebih memilih hidup sendiri karena sifat agresif dan teritorialnya.

Cupang jantan cenderung melindungi area kekuasaannya dan suka menyerang ikan lain yang masuk di area mereka.

Baca juga: Seperti Apa Buang Air Besar pada Ikan Cupang yang Normal?

 

Karena inilah sebaiknya hindari memelihara ikan cupang jantan di dalam akuarium yang sama. Meskipun ikan cupang yang ada dipasaran saat ini bukan merupakan cupang liar, karakter teritorial dan agresif masih mereka miliki.

Sebaiknya gunakan akuarium tersendiri karena ikan cupang Anda adalah jenis makhluk yang berbeda. Ikan ini memiliki kebutuhan dan perhatian yang berbeda, yang dapat hidup bahagia sendirian.

Baca juga: Tanaman yang Aman dan Harus Dihindari untuk Akuarium Ikan Cupang

Ciri ikan cupang bosan dan stres

Kebanyakan varietas ikan cupang betina memiliki sirip ekor yang lebih pendek daripada jantan.PEXELS/TIM MOSSHOLDER Kebanyakan varietas ikan cupang betina memiliki sirip ekor yang lebih pendek daripada jantan.

Tidak seperti yang kamu pikirkan, ikan cupang tidak merasa bosan meskipun hidup sendirian. Dengan kebutuhan makanan, air dan akuarium yang layak ia sudah menjadi ikan kecil yang bahagia.

Sayangnya banyak perilaku cupang yang ditafsirkan oleh pemelihara ikan sebagai kebosanan. Ia mungkin akan merasa bosan saat benar-benar stress dan hal ini dapat kamu lihat dari perilakunya berikut ini:

Baca juga: Kapan dan Bagaimana Cara Ikan Cupang Tidur?

  • Berenang tanpa henti dengan gerakan naik dan turun
  • Ikan terlalu banyak bersembunyi dibalik dekorasi akuarium bisa menjadi tanda ikan sedang sakit
  • Ikan cupang seringkali duduk atau tidur diatas daun tanaman dan enggan berenang

Penyebab stres pada ikan cupang seringkali disebabkan oleh kondisi air yang buruk, arus air yang berlebihan dan terlalu banyak sinar matahari langsung. Stress adalah penyebab ikan cupang mati dan tidak berumur panjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com