Kompas.com - 19/01/2022, 08:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pemula dalam memelihara ikan cupang seringkali bertanya-tanya apakah ikan cupang peliharaannya tidur. Seperti hewan lainnya, ikan cupang juga membutuhkan tidur agar tetap sehat.

Dilansir dari Pet Helpful, Rabu (19/1/2022), ikan cupang bisa tidur sambil berbaring di dasar akuarium, atau saat mengambang di permukaan air.

Ikan cupang juga mungkin tidur di atas daun tanaman di dalam akuarium, atau ikan cupang mungkin menemukan area lain di akuarium tempat mereka bisa tertidur.

Baca juga: Kenapa Ikan Cupang Bersembunyi di Akuarium? Ini 8 Alasannya

Ilustrasi ikan cupang. FREEPIK/JCOMP Ilustrasi ikan cupang.

Namun, cara ikan cupang tidur berbeda dari apa yang kita alami sebagai manusia. Saat ikan cupang tidur, mereka masih waspada terhadap bahaya dan mampu bereaksi terhadap ancaman dengan cukup cepat.

Ini lebih seperti keadaan istirahat ringan, dibandingkan dengan tidur nyenyak yang dialami mamalia darat.

Beberapa pemelihara ikan cupang memperhatikan ikannya beristirahat sepanjang waktu dan menjadi khawatir. Yang lain tidak melihat ikan cupang tidur sama sekali.

Penting untuk menyadari bahwa ikan cupang mungkin berperilaku sangat berbeda. Ada yang tidur di siang hari, ada yang hanya tidur di malam hari, dan ada yang keduanya.

Baca juga: Kenapa Ikan Cupang Ungu Langka? Ternyata Ini Penyebabnya

Jadi, jangan khawatir jika Anda melihat ikan cupang tergeletak di dasar akuarium. Jika dia tampak sehat, mungkin ikan cupang Anda sedang tidur.

Demikian juga, cobalah untuk tidak khawatir jika sepertinya ikan cupang Anda selalu aktif. Dia akan tidur ketika dia membutuhkannya, mungkin di malam hari saat Anda juga sedang tidur.

Anda mungkin bisa menangkapnya tertidur jika Anda mengintip ke dalam akuarium saat lampu mati.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.