Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/01/2022, 08:29 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pemula dalam memelihara ikan cupang seringkali bertanya-tanya apakah ikan cupang peliharaannya tidur. Seperti hewan lainnya, ikan cupang juga membutuhkan tidur agar tetap sehat.

Dilansir dari Pet Helpful, Rabu (19/1/2022), ikan cupang bisa tidur sambil berbaring di dasar akuarium, atau saat mengambang di permukaan air.

Ikan cupang juga mungkin tidur di atas daun tanaman di dalam akuarium, atau ikan cupang mungkin menemukan area lain di akuarium tempat mereka bisa tertidur.

Baca juga: Kenapa Ikan Cupang Bersembunyi di Akuarium? Ini 8 Alasannya

Ilustrasi ikan cupang. FREEPIK/JCOMP Ilustrasi ikan cupang.

Namun, cara ikan cupang tidur berbeda dari apa yang kita alami sebagai manusia. Saat ikan cupang tidur, mereka masih waspada terhadap bahaya dan mampu bereaksi terhadap ancaman dengan cukup cepat.

Ini lebih seperti keadaan istirahat ringan, dibandingkan dengan tidur nyenyak yang dialami mamalia darat.

Beberapa pemelihara ikan cupang memperhatikan ikannya beristirahat sepanjang waktu dan menjadi khawatir. Yang lain tidak melihat ikan cupang tidur sama sekali.

Penting untuk menyadari bahwa ikan cupang mungkin berperilaku sangat berbeda. Ada yang tidur di siang hari, ada yang hanya tidur di malam hari, dan ada yang keduanya.

Baca juga: Kenapa Ikan Cupang Ungu Langka? Ternyata Ini Penyebabnya

Jadi, jangan khawatir jika Anda melihat ikan cupang tergeletak di dasar akuarium. Jika dia tampak sehat, mungkin ikan cupang Anda sedang tidur.

Demikian juga, cobalah untuk tidak khawatir jika sepertinya ikan cupang Anda selalu aktif. Dia akan tidur ketika dia membutuhkannya, mungkin di malam hari saat Anda juga sedang tidur.

Anda mungkin bisa menangkapnya tertidur jika Anda mengintip ke dalam akuarium saat lampu mati.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com