Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/02/2022, 16:15 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Alat elektronik sudah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia. Kamu tentunya memiliki beragam alat elektronik di rumah, salah satu yang umum dimiliki ialah TV.

Agar TV tetap awet dan berumur panjang, perawatan tentunya wajib dilakukan. Penggunaan yang salah dan perawatan yang jarang akan menimbulkan masalah pada TV.

Melansir dari Cool Blue, Jumat (18/2/2022), salah satu masalah yang umum dialami TV adalah munculnya garis-garis pada layar TV.

Sebaiknya jangan buru-buru dibawa ke tukang servis, kamu bisa mencoba 5 tips di bawah ini untuk menghilangkan gambar garis di layar TV-mu.

Baca juga: 4 Pertimbangan Sebelum Menggantung TV di Dinding

Matikan dan hidupkan TV

Jika muncul garis di layar LCD TV, cara termudah untuk menghilangkannya ialah dengan mencoba mematikan TV.

Matikan TV lalu cabut kabel daya, dan tunggu hingga 2 menit. Setelah 2 menit, coba colokkan kabel daya dan nyalakan TV kembali.

Baca juga: 4 Alasan Meletakkan TV di Kamar Tidur Bisa Menciptakan Feng Shui Buruk

Periksa kabel video

Menonton TV Menonton TV

Jika garis pada Tv belum juga hilang, cobalah untuk memeriksa kabel video. Lepaskan kabel video dari TV dan semua sumber yang terhubung, seperti pemutar Blu-ray atau konsol game.

Kemudian sambungkan kembali. Jika masih terdapat garis-garis setelahnya, coba ganti dengan kabel yang baru.

Baca juga: Kualitas Gambar Bisa Jernih, Begini Cara Tepat Memasang Antena TV

Ganti sumbernya

Cara lainnya ialah dengan mencoba mengganti sumber pada TV. Gunakan remote TV untuk mengganti saluran dengan menggunakan tombol source, cobalah ganti dari saluran video ke saluran program TV yang terhubung.

Jika yang tampil di layar adalah garis, cobalah untuk mengubah resolusi sesuai dengan resolusi TV yang kamu gunakan.

Kamu bisa mengecek resolusi yang tepat pada buku manual TV. Jika hanya program TV yang menampilkan garis-garis, masalahnya mungkin ada pada sinyal atau decoder Anda. Untuk itu, sebaiknya hubungi layanan penyedia.

Baca juga: 3 Alasan Tidak Perlu Membeli Smart TV dan Menggunakannya di Rumah

Perbarui perangkat lunak

Kesalahan gambar seringkali disebabkan oleh perangkat lunak atau software yang belum diperbarui.

Sebaiknya perbarui perangkat lunak pada TV secara teratur. Masing-masing TV memiliki cara yang berbeda -beda, kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya pada buku manual.

Baca juga: 5 Cara Menyembunyikan Kabel Televisi Menurut Para Ahli

Setel ulang TV ke pengaturan pabrik

Penyebab lain munculnya garis-garis pada TV adalah terkadang TV tidak bisa memproses kombinasi pengaturan gambar dengan benar.

Jika kamu mengalami masalah ini, cobalah untuk mengatur ulang TV ke pengaturan pabrik atau lakukan reset. Dengan begitu seluruh pengaturan pada TV akan kembali seperti awal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com