Kompas.com - 28/01/2022, 13:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mungkin sulit membedakan antara smart TV atau TV pintar dan televisi (TV) biasa, terutama saat masuk ke toko elektronik.

Setiap sembilan dari 10 TV yang Anda temui adalah smart TV. Dengan harga yang sangat mirip dengan TV biasa, konsumen sering kali dapat dengan mudah dibujuk untuk membeli smart TV setelah mempertimbangkan manfaat yang ditawarkan. 

Baca juga: Apakah Perlu Menggunakan Smart TV? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Smart TV dapat terhubung ke internet rumah dan menautkan ke layanan streaming. Hal ini yang membuat banyak orang tertarik membelinya. 

Namun, smart TV juga memiliki kekurangan meski cukup sering kekurangannya tertutupi oleh kelebihan yang menonjol.

Karena itu, sebenarnya Anda tidak perlu menggunakan atau membeli smart TV meski saat ini banyak peralatan elektronik terhubung ke internet. 

Melansir dari Roohome, Jumat (28/1/2022), berikut tiga alasan yang membuat tidak perlu membeli smart TV dan menggunakannya di rumah. 

Baca juga: 5 Cara Merawat Smart TV 32 Inci agar Awet dan Tahan Lama

Risiko invasi keamanan yang lebih tinggi 

Ilustrasi TV di rumah. UNSPLASH/WANG JOHN Ilustrasi TV di rumah.
Sebagai perangkat interaktif, smart TV memungkinkan pemirsa mengakses berbagai platform, banyak yang menyertakan detail login, dan mungkin informasi keuangan jika platform yang digunakan memerlukan langganan pembayaran bulanan.

Karena itu, ketika mempertimbangkannya, perangkat ini menyimpan beberapa informasi diri Anda. Mungkin hal ini tidak tampak seperti masalah besar bagi banyak orang.

Namun, hal itu akan menjadi masalah karena smart TV berpotensi diretas oleh individu, lalu menggunakan informasi Anda untuk keuntungan mereka, bahkan lebih buruk berpotensi memata-matai Anda melalui kamera dan mikrofon terintegrasi.

Meski ini adalah skenario terburuk dari smart TV pintar, beberapa pengguna sama sekali tidak menyadari kemungkinan hal ini terjadi pada mereka. 

Baca juga: Seberapa Perlu Memiliki Smart TV?  

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Roohome
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.