Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/01/2022, 07:53 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilik rumah pasti ingin memiliki rumah yang indah, sehingga nyaman untuk dihuni. Untuk mempercantik rumah, renovasi seringkali tidak bisa dihindari.

Akan tetapi, kerap kali renovasi rumah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tidak jarang pula biaya renovasi rumah tersebut melebihi anggaran yang telah ditentukan sebelumnya.

Dikutip dari Better Homes & Gardens, Rabu (12/1/2022), berikut beberapa tips menghemat biaya renovasi rumah, sehingga tidak membuat keuangan Anda terganggu.

Baca juga: 3 Renovasi Kecil yang Bisa Membuat Ruang Tamu Kembali Segar dan Baru

Ilustrasi renovasi rumah. Shutterstock.com Ilustrasi renovasi rumah.

1. Fokus pada area prioritas

Saat mencoba mengatur anggaran renovasi rumah, sebaiknya pilih beberapa area di rumah yang benar-benar ingin Anda investasikan uang paling banyak, lalu kurangi pengeluaran di ruangan lain yang kurang penting.

"Bagi kebanyakan orang, area ini biasanya dapur, teras, dan kamar mandi utama," kata David Steckel, pakar rumah di Thumbtack.

"Untuk ruang lain, Anda dapat menggunakan benda yang lebih hemat biaya dalam hal ubin, perangkat keras, pencahayaan, dan detail lainnya," imbuh Steckel.

2. Gabungkan proyek renovasi

"Meskipun ini mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi dalam hal membuat anggaran renovasi rumah, semakin banyak area yang dapat Anda rombak secara bersamaan, semakin baik," ujar Yoselin Castro, desainer interior senior di Mackenzie Collier Interiors (MCI) di Portland, AS.

Baca juga: 6 Renovasi Kecil yang Membuat Dapur Segar Kembali

Mengambil pendekatan ini lebih efisien dalam jangka panjang karena berbagai alasan.

"Ini termasuk menghemat waktu, uang, dan stres. Setiap perombakan datang dengan biaya yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek bagi kontraktor (atau tukang)," tutur Castro.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com