Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, 7 Tips Menghemat Biaya Renovasi Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilik rumah pasti ingin memiliki rumah yang indah, sehingga nyaman untuk dihuni. Untuk mempercantik rumah, renovasi seringkali tidak bisa dihindari.

Akan tetapi, kerap kali renovasi rumah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tidak jarang pula biaya renovasi rumah tersebut melebihi anggaran yang telah ditentukan sebelumnya.

Dikutip dari Better Homes & Gardens, Rabu (12/1/2022), berikut beberapa tips menghemat biaya renovasi rumah, sehingga tidak membuat keuangan Anda terganggu.

1. Fokus pada area prioritas

Saat mencoba mengatur anggaran renovasi rumah, sebaiknya pilih beberapa area di rumah yang benar-benar ingin Anda investasikan uang paling banyak, lalu kurangi pengeluaran di ruangan lain yang kurang penting.

"Bagi kebanyakan orang, area ini biasanya dapur, teras, dan kamar mandi utama," kata David Steckel, pakar rumah di Thumbtack.

"Untuk ruang lain, Anda dapat menggunakan benda yang lebih hemat biaya dalam hal ubin, perangkat keras, pencahayaan, dan detail lainnya," imbuh Steckel.

2. Gabungkan proyek renovasi

"Meskipun ini mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi dalam hal membuat anggaran renovasi rumah, semakin banyak area yang dapat Anda rombak secara bersamaan, semakin baik," ujar Yoselin Castro, desainer interior senior di Mackenzie Collier Interiors (MCI) di Portland, AS.

Mengambil pendekatan ini lebih efisien dalam jangka panjang karena berbagai alasan.

"Ini termasuk menghemat waktu, uang, dan stres. Setiap perombakan datang dengan biaya yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek bagi kontraktor (atau tukang)," tutur Castro.


Menurut dia, ketika Anda menggabungkan proyek, kontraktor biasanya membebankan biaya yang lebih rendah, karena mereka dapat mengerjakan berbagai hal pada waktu yang bersamaan di seluruh rumah, alih-alih menunggu produk tertentu untuk satu ruang.

3. Diskusi dengan kontraktor atau tukang

Kontraktor, tukang, atau mandor yang baik harus dapat menyesuaikan nilai beberapa benda jika tampaknya tidak terjangkau dalam hal harga, menurut Pamela O'Brien, desainer utama di Pamela Hope Designs.

Steckel juga mendorong untuk memaksimalkan desain Anda dengan berdiskusi dan meminta saran ke tukang.

"Dorong tim renovasi untuk membuat saran, dan pastikan mereka melakukan latihan rekayasa nilai di mana mereka menganalisis persyaratan proyek sebelum memulai konstruksi," sebut Steckel.

"Memanfaatkan pengalaman dan pengetahuan tim yang Anda rekrut adalah kuncinya," lanjutnya

4. Buat semua keputusan desain sebelum mulai renovasi

Menyelesaikan elemen desain proyek bisa melelahkan dan melelahkan. Akibatnya, jenis keputusan ini sering tertunda hingga Anda memulai renovasi rumah.

Namun, pendekatan ini bisa menjadi berita buruk bagi anggaran.

"Yang sama pentingnya dengan memutuskan anggaran Anda sebelum memulai adalah proses memutuskan rencana, bahan, dan bahkan detail," ucap Annie Elliott, manajer produk dan desain di New Again Houses.

Jika anggaran dan keputusan desain diselesaikan sebelumnya, Anda dan kontraktor kemungkinan besar akan menikmati proses konstruksi yang lebih lancar, serta anggaran yang lebih masuk akal.

5. Ganti hanya bagian depan lemari dapur

Saat memutuskan untuk renovasi dapur, pikirkan baik-baik lemari dapur. Jika lemari masih dalam kondisi baik, Anda dapat membiarkan struktur yang ada tetap utuh, saran Carlos Adame, pemilik dan manajer proyek Transom Remodeling.

"Ganti saja pintunya untuk memberi seluruh ruang facelift instan," kata Adame.

6. Lakukan beberapa pekerjaan sendiri

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi biaya adalah dengan langsung mengerjakan sendiri terkait tugas-tugas kecil yang sebetulnya tidak perlu dilakukan tukang.

"Tentu saja, sebagian besar renovasi besar harus diserahkan kepada para profesional, tetapi ketika harus merobek karpet atau pekerjaan cat cepat, sedikit upaya sendiri akan sangat membantu," terang Emily Yeates, desainer utama di Urban Revival.

7. Jika tidak rusak, jangan diperbaiki

Meskipun mungkin menggoda untuk mengosongkan seluruh dapur yang tidak sesuai dengan selera, namun jika kabinet masih kokoh, akan jauh lebih hemat anggaran untuk memperbarui cat.

"Belum lagi, biasanya lemari dapat diperbaiki oleh seorang profesional dalam waktu yang sangat singkat untuk membangun yang baru," papar Yeates.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/12/075300776/simak-7-tips-menghemat-biaya-renovasi-rumah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke