Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Kamar Mandi Bercat Ungu Terlihat Lebih Terang

Kompas.com - 16/12/2021, 11:04 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nuansa warna ungu yang diaplikasikan di dalam ruangan dapat menjadi lebih intens ketika berada di ruangan kecil seperti kamar mandi. Untuk kamar mandi sempit atau kamar mandi kecil, sedikit warna akan berpengaruh besar.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Kamis (16/12/2021), jika dinding kamar mandi terlalu jenuh, seluruh ruangan bisa terasa gelap dan sesak.

Untungnya, sedikit cahaya ekstra dapat membuat perbedaan besar di ruang sempit, sehingga Anda dapat mencerahkan ruangan tanpa mengubah cat.

Baca juga: Tips Mengatasi Saluran Pembuangan Air Kamar Mandi yang Berbau

Berikut beberapa cara untuk membuat kamar mandi yang bernuansa cat gelap seperti ungu bisa lebih terang. 

1. Maksimalkan cahaya

Bahkan kamar mandi yang paling redup pun memiliki beberapa sumber cahaya, dan jika Anda menggunakannya secara maksimal, Anda dapat membuat ruangan berwarna ungu terlihat lebih cerah dan terasa lebih besar.

Jika kamar mandi memiliki jendela, tutupi dengan kain tipis yang ringan dan tembus pandang daripada tirai tebal.

Jaga agar daun jendela tetap terbuka bila memungkinkan, dan jika ada pohon atau semak-semak tepat di luar jendela, jaga agar tetap dipangkas agar cahaya dapat masuk. Jika perlengkapan lampu memiliki penutup gelap, gantilah dengan kaca bening.

Baca juga: 5 Tips Mendekor Kamar Mandi Bernuansa Alam yang Sejuk dan Menenangkan

Pertimbangkan untuk menambahkan pencahayaan buatan di dekat langit-langit, yang dapat memantulkan cahaya ke dalam ruangan.

2. Gunakan warna pucat

Dinding bukan satu-satunya sumber warna di kamar mandi. Lantai, perlengkapan, handuk, rak, dan tirai shower juga berkontribusi pada kecerahan ruangan secara keseluruhan, dan setiap kali Anda mengganti permukaan gelap dengan permukaan terang, Anda mencerahkan ruangan.

Gunakan handuk pucat untuk meringankan dinding tempat mereka menggantung. Tutupi bagian bawah dan bagian dalam dinding rak terbuka dengan liner berwarna terang.

Jika mengganti ubin lantai gelap dengan keramik putih tidak sesuai anggaran, tutupi lantai dengan keset kamar mandi pucat. Tutupi atau ganti barang-barang gelap dengan barang-barang terang. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com