Kompas.com - 03/12/2021, 07:54 WIB
Ilustrasi pupuk sekam padi. Selain sebagai pupuk, sekam padi juga dapat dimanfaatkan sebagai media tanam. FREEPIK/JCOMPIlustrasi pupuk sekam padi. Selain sebagai pupuk, sekam padi juga dapat dimanfaatkan sebagai media tanam.

JAKARTA, KOMPAS.com - Media tanam sangat penting dalam pemeliharaan dan perawatan tanaman. Sebab, media tanam juga memberikan nutrisi yang dibutuhkan tanaman agar dapat tetap hidup dan tumbuh.

Salah satu media tanam yang dapat Anda gunakan untuk tanaman adalah sekam padi. Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Jumat (3/12/2021), sekam pada adalah kulit padi setelah diambil bulir berasnya.

Sekam adalah hasil sampingan dari penggilingan padi selain bekatul. Karena melimpah, sering kali sekam padi sampai dibuangkarena dianggap limbah, terutama di sentra pertanian.

Baca juga: Apa Keunggulan Arang Sekam sebagai Media Tanam? Ini Penjelasannya

Seandainya dijual pun harganya murah. Biasanya, sekam diambil oleh industri batu bata untuk dijadikan bahan bakar.

Ilustrasi sekam padi yang dapat dimanfaatkan sebagai media tanam. SHUTTERSTOCK/JOHAN KUSUMA Ilustrasi sekam padi yang dapat dimanfaatkan sebagai media tanam.

Sekarang, sekam padi banyak digunakan untuk dijadikan media tanam. Sekam padi memiliki kelebihan sebagai media tanam, antara lain karena bentuknya yang seperti perahu dan memiliki lambung, sehingga mampu menahan nutrisi lebih lama.

Ada beberapa manfaat sekam padi sebagai media tanam, antara lain sebagai berikut.

1. Memperbaiki struktur tanah dan meningkatkan porositas

Campurkan sekam padi bersama media tanam, terutama untuk pot atau polybag, maka tanah akan memiliki sifat gembur dan poros.

Baca juga: Cara Menanam Tanaman Hias Menggunakan Media Tanam Air

Dengan menggunakan sekam padi sebagai media tanam, akar tanaman bisa sangat banyak dan merambat ke berbagai arah. Ini karena tanah memiliki banyak rongga untuk perkembangan perakaran.

2. Penangkal kucing

Kucing adalah salah satu hewan yang sering mengganggu di kebun atau halaman rumah. Mereka bermain hingga buang air besar di sana.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.