Kompas.com - 01/12/2021, 15:42 WIB
Ilustrasi tanaman hias Unsplash/Huy PhanIlustrasi tanaman hias

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat tanaman hias memberikan sejumlah manfaat, dari menyejukkan rumah, membersihkan udara, hingga mengurangi stres dan kebosanan. 

Namun, tanaman hias tidak tumbuh dan berkembang sendiri. Tanaman memerlukan perawatan yang sangat bergantung pada pemiliknya. 

Baca juga: 5 Kesalahan yang Bikin Tanaman Hias Cepat Mati

Sayangnya, ketika merawat tanaman hias, tak jarang banyak orang melakukan beberapa kesalahan yang menyebabkan pertumbuhan tanaman terhambat, yang akhirnya membuat tanaman hias mati. 

Mulai dari, daun tanaman menguning atau cokelat, layu, tanaman kerdil atau lambat tumbuh, sampai tanaman hias mati. Hal tersebut bisa disebabkan berbagai faktor. 

Melansir dari Better Homes and Gardens Australia, Rabu (1/12/2021), berikut enam hal yang dapat membuat tanaman hias mati. 

Baca juga: 6 Tanaman Hias dengan Harga Mahal yang Tengah Menjadi Incaran 

Tidak memilih tanah pot yang tepat

Ilustrasi tanah untuk tanaman di dalam pot. SHUTTERSTOCK/REDA.G Ilustrasi tanah untuk tanaman di dalam pot.
Tujuan dari menggunakan campuran untuk tanah pot adalah menahan kelembapan dan nutrisi di sekitar akar tanaman. Pada saat yang sama, akar harus bisa bernapas.

Saat memilih campuran pot, pastikan tanah tidak kotor, ringan, halus, serta terbuat dari lumut gambut, kulit pinus, dan perlit atau vermikulit.

Tanaman sukulen dan tanaman udara atau tillandsias lebih menyukai campuran pengering tanah pot yang dikombinasikan dengan kerikil atau pasir. 

Baca juga: Ingin Mengelompokkan Tanaman Hias Dalam Ruangan? Perhatikan 6 Hal Ini

 

Tidak merawat tanaman hias 

Hal lain yang bisa membuat tanaman hias mati atau pertumbuhannya terhambat adalah tidak merawat tanaman dengan baik.

Buang bunga atau daun tanaman hias yang mati segera setelah melihatnya. Perhatikan juga debu yang menumpuk pada daun tanaman hias dan bersihkan dengan spons basah. 

Baca juga: Panduan Menyiram Tanaman Hias yang Benar, Jangan Siram Daunnya

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.