Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, 6 Hal Ini Bisa Membuat Tanaman Hias Mati

Namun, tanaman hias tidak tumbuh dan berkembang sendiri. Tanaman memerlukan perawatan yang sangat bergantung pada pemiliknya. 

Sayangnya, ketika merawat tanaman hias, tak jarang banyak orang melakukan beberapa kesalahan yang menyebabkan pertumbuhan tanaman terhambat, yang akhirnya membuat tanaman hias mati. 

Mulai dari, daun tanaman menguning atau cokelat, layu, tanaman kerdil atau lambat tumbuh, sampai tanaman hias mati. Hal tersebut bisa disebabkan berbagai faktor. 

Melansir dari Better Homes and Gardens Australia, Rabu (1/12/2021), berikut enam hal yang dapat membuat tanaman hias mati. 

Saat memilih campuran pot, pastikan tanah tidak kotor, ringan, halus, serta terbuat dari lumut gambut, kulit pinus, dan perlit atau vermikulit.

Tanaman sukulen dan tanaman udara atau tillandsias lebih menyukai campuran pengering tanah pot yang dikombinasikan dengan kerikil atau pasir. 

Tidak merawat tanaman hias 

Hal lain yang bisa membuat tanaman hias mati atau pertumbuhannya terhambat adalah tidak merawat tanaman dengan baik.

Buang bunga atau daun tanaman hias yang mati segera setelah melihatnya. Perhatikan juga debu yang menumpuk pada daun tanaman hias dan bersihkan dengan spons basah. 

Penyiraman yang berlebihan juga dapat menyebabkan busuk akar. Pastikan pot tanaman memiliki drainase yang memadai.

Sebagai aturan, selalu periksa tingkat kelembapan tanah dengan memasukkan jari ke media tanam sebelum menyiram tanaman. 

Bila tanah masih lembap, hentikan menyiram tanaman. Sebaliknya, jika tanah sudah kering, segera menyiram tanaman hias secukupnya. 

Tanda-tanda lain tanaman hias perlu disiram dapat dilihat dari ujung daun tanaman yang cokelat dan terasa lemas serta pertumbuhan tanaman hias kerdil dan lambat disertai dengan daun kuning terkulai.

Seberapa sering tanaman hias membutuhkan penyiraman akan tergantung pada jenis, ukuran pot, juga faktor lingkungan. 

Tidak melakukan pemupukan

Tanaman hias membutuhkan nutrisi untuk menunjang pertumbuhan dan memperpanjang usianya, salah satunya diperoleh dari pupuk.

Belilah pupuk untuk tanaman hias yang seimbang dan ikuti petunjuknya dengan baik karena pemupukan yang berlebihan dapat membunuh tanaman. 

Hal itu berarti memindahkan tanaman hias ke area lain membuat tanaman harus menghabiskan waktu untuk menyesuaikan diri dengan cahaya dan suhu di tempat baru mereka. 

Meletakkan tanaman hias di area yang salah

Tidak semua tanaman hias bisa diletakkan di area mana pun dan mampu beradaptasi dengan area tersebut.

Kebanyakan tanaman hias diletakkan di area terang yang sesuai dengan kebutuhan tanaman. Tanaman hias akan memberi tahu jika tanaman tidak bahagia di area tersebut.

Misalnya, area dengan terlalu banyak cahaya bisa membuat daun tanaman hias  berubah warna, bahkan terbakar dan rontok. Bila terus dibiarkan, bukan tak mungkin tanaman hias akan mati. 

Jadi, penting mengetahui jenis tanaman hias dan kebutuhan cahayanya sehingga tidak meletakkan tanaman hias di area yang salah. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/01/154200676/catat-6-hal-ini-bisa-membuat-tanaman-hias-mati

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke