Kompas.com - 15/10/2021, 15:03 WIB
Ilustrasi tanaman hias mati. SHUTTERSTOCK/STANISLAV DOSTOVALOVIlustrasi tanaman hias mati.

JAKARTA, KOMPAS.com- Tentu kamu ingin tanaman hiasmu selalu dalam kondisi sehat, subur, dan menyegarkan. Hal ini haruslah dibarengi dengan cara perawatan yang tepat.

Terelebih jika berkebun di dalam ruangan, penting untuk memeperhatikan kebutuhan utama tanaman hias di dalam ruangan.

Namun, tanpa disadari, ada sejumlah kesalahan yang sering dilakukan ketika merawat tanaman hias sehingga membuatnya mati.

Apa sajakah itu? Melansir dari The Spurce pada Jumat (15/10/2021) berikut ini lima kesalahan yang sering dilakukan saat merawat tanaman hias indoor.

Baca juga: 6 Tanaman Hias Berdaun Pink yang Cocok Jadi Dekorasi Ruangan

Terlalu banyak mernyiram tanaman

Hal pertama yang menyebabkan tanaman hias mati ialah penyiraman yang berlebihan sehingga mengakibatkan akar tanaman busuk.

Jadi, jangan biarkan akar tanaman terendam air, dan jangan menyirami semua tanaman hias setiap hari.

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Cantik dan Bermanfaat bagi Kesehatan

Kelembapan rendah

Kurangnya kelembaban juga terjadi di banyak tanaman dalam ruangan, terutama ketika suhu udara di dalam ruangan terlalu dingin.

Sebaliknya, suhu udara normal dapat meningkatkan kelembapan yang baik untuk tanaman. Jika tanaman kekurangan kelembapan maka dapat menyebabkan daun menguning dan membusuk.

Baca juga: 6 Tanaman Hias Indoor yang Cocok Diletakkan di Dekat Jendela

Kekurangan cahaya

Ilustrasi tanaman hias mati.SHUTTERSTOCK/KABARDINS PHOTO Ilustrasi tanaman hias mati.

Tanaman yang tidak mendapatkan cahaya sebanyak yang mereka butuhkan akan terlihat pucat dan batangnya pun rapuh. Selain itu, pertumbuhan tunas atau daun baru pun akan terlihat lebih kecil dari seharusnya.

Terlalu banyak sinar matahari

Kekurangan sinar matahari dapat menyebabkan tanaman mati, tapi kelebihan sinar matahari pun dapat mengakibatkan hal serupa.

Menempatkan tanaman hias di bawah sinar matahari langsung seperti radiator atau saluran, tidak hanya akan membakar tanaman tapi juga membuatnya dehidrasi.

Baca juga: 7 Tanaman Hias Daun Warna-warni yang Cocok di Kamar Tidur

Media tanah

Media tanah yang salah dapat menyumbat aliran air ke luar tanah sehingga mengendap di dalamnya dan menyebabkan penumpukkan garam sekaligus menghambat pertumbuhan tanaman. Mungkin mulanya kamu tidak menyadari hal ini, hingga akhirnya melihat ada kerak putih di dekat pot tanaman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.