Kompas.com - 28/11/2021, 07:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyiram adalah salah satu aspek penting dalam merawat tanaman hias. Namun demikian, Anda tidak boleh sembarangan menyiram tanaman.

Dikutip dari Express UK, Minggu (28/11/2021), Tom Cole, kepala hortikultura dan lansekap Capel Manor College, London, Inggris menjelaskan cara menyiram tanaman hias dalam ruangan.

Menurut dia, jika Anda tidak menyiram tanaman dengan benar, maka tanaman bisa menderita busuk akar atau daunnya berkapur, tergantu pada varietasnya.

Baca juga: Perbedaan Menyiram Tanaman dengan Air Garam, Air Gula, dan Air Biasa

Namun demikian, bagaimana cara mengetahui tanaman harus disiram?

Ilustrasi menyiram tanaman hias.PEXELS/TEONA SWIFT Ilustrasi menyiram tanaman hias.

"Masukkan jari Anda ke dalam tanah di tepi pot. Jika tanah terasa kering, maka sirami tanaman. Jika lembap, maka tunggu sedikit lebih lama," ungkap Cole.

Menurut Cole, ini hanya aturan umum terkait kapan tanaman harus disiram. Cara lainnya adalah Anda juga bisa mengetuk pot, jika Anda mendengar suara hampa, maka kemungkinan tanaman perlu disiram.

Saat menyiram tanaman hias, Anda mungkin tergoda untuk mengambil air langsung dari keran dan menuangkannya langsung ke tanaman.

Baca juga: Menyiram Anggrek dengan Es Batu, Apa Manfaat dan Seberapa Efektif?

Akan tetapi, suhu tidak hanya dapat memengaruhi tanaman, namun juga tempat Anda menuangkan air.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.