Kompas.com - 28/11/2021, 20:10 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com—Bau dari bangkai tikus yang mati akan sangat menyengat. Hal inilah yang kemudian menimbulkan masalah. 

Pasalnya, aroma bangkai bisa sulit diatasi meski sudah dibersihkan. Belum lagi jika tikus mati di tempat yang tersembunyi yang membuatmu semakin sulit untuk membersihkannya. 

Bau busuk dari bangkai tikus terjadi karena campuran bahan kimia yang diproduksi saat tubuh membusuk, termasuk sulfur dioksida dan metana.

Tak hanya pada bangkai tikus, ini juga bisa terjadi pada semua bangkai hewan. Semakin besar hewan yang mati, semakin banyak waktu yang dibutuhkan untuk membusuk.

Faktor lain yang memengaruhi proses pembusukan dan bau yang tidak sedap adalah kelembaban.

Untuk kamu yang sedang menghadapi masalah ini, berikut adalah tips menghilangkan bangkai tikus seperti dilansir dari Terminix, Minggu (28/11/2021).

Baca juga: Sadari, Ini Hal-hal yang Bisa Mengundang Tikus Masuk ke Rumah

1. Temukan sumbernya

Ketika bau bangkai tikus mulai tercium, carilah sumbernya. Caranya adalah dengan mencari lalat, belatung dan serangga lain yang tertarik pada hewan mati.

Biasanya lalat akan mengerubung pada area dimana bangkai tikus berada. Jika sudah begitu, gunakan hidung untuk mengendus dan temukan bangkainya.

2. Singkirkan

Jika sudah ditemukan, segera singkirkan. Berikan ventilasi sebanyak mungkin pada area dimana bangkai ditemukan.

Kamu bisa membantu mengusir baunya dengan membuka semua jendela dan menggunakan kipas angin untuk mengusir baunya.

Saat menyingkirkan bangkai, gunakan sarung tangan dan masker untuk menyingkirkannya. Kamu bisa menguburkan bangkai atau membuangnya dengan membungkusnya dengan plastik terlebih dahulu.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber terminix
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.