Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Membersihkan Peralatan Stainlees Steel

Kompas.com - 20/10/2021, 10:48 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com - Stainlees steel menjadi bahan yang sering ditemukan di perlengkapan dapur. Selain lebih tahan terhadap korosi, bahan yang ada di beberapa perlengkapan memasak ini juga lebih tahan lama.

Akan tetapi, seperti yang dilansir dari The Kitchn, Rabu (20/10/2021), stainlees steel terkadang meninggalkan sidik jari dan kusam setelah digunakan. Jika seperti ini, harus segera dibersihkan agar noda tidak menempel lama.

Tetapi, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan dalam membersihkan peralatan stainlees steel, seperti berikut ini. 

Baca juga: 6 Kesalahan Perawatan yang Dapat Merusak Peralatan Stainless Steel

1. Hindari menggunakan pemutih

Stainlees steel adalah "tahan karat" karena lapisan pelindung yang terbentuk ketika kromium dalam baja berinteraksi dengan oksigen di udara. Jika lapisan ini terganggu, kabar buruknya adalah logam di bawahnya bisa berkarat.

Pemutih adalah bahan kimia keras yang merusak lapisan kromium oksida dan dapat menyebabkan karat atau lubang terbentuk pada peralatan Anda.

Selain tidak menggunakan larutan pemutih Anda sendiri, pastikan untuk membaca label produk pembersih dengan cermat untuk memastikan bahwa produk tersebut tidak mengandung pemutih sebelum menggunakannya pada peralatan baja tahan karat.

2. Hindari gunakan wol baja atau alat abrasif lainnya

Wol baja dan alat abrasif lainnya dapat menggores permukaan peralatan stainlees steel. Seiring waktu, goresan ini dapat menumpulkan tampilan keseluruhan, dan tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkannya.

Baca juga: Cara Merawat Wastafel Stainless Steel agar Tetap Berkilau

3. Jangan gunakan air

Air dapat meninggalkan bekas dan goresan air pada peralatan baja tahan karat Anda, terutama jika Anda memiliki air sadah.

Jika Anda menggesek kain basah pada peralatan stainless steel untuk membersihkannya dengan cepat, kemungkinan akan meninggalkan garis-garis yang terlihat setelah air mengering.

4. Jangan biarkan kotoran mengendap

Kotoran yang menempel pada peralatan Anda menjadi kotoran yang membandel, yang mungkin menggoda Anda untuk menggunakan metode pembersihan yang lebih keras.

Untuk menghindari masalah ini, bersihkan permukaan peralatan Anda secara teratur dengan pembersih serbaguna yang aman dan jadikan pembersihan lebih dalam sebagai bagian dari rutinitas mingguan Anda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com