Kompas.com - 18/10/2021, 18:07 WIB
Ilustrasi rayap, rayap menyerang kayu di rumah. SHUTTERSTOCK/PLEW KOONYOSYINGIlustrasi rayap, rayap menyerang kayu di rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari laba-laba hingga kecoak, ada banyak hama yang kehadirannya tidak pernah diinginkan setiap penghuni rumah.

Namun, tanpa disadari, rayap diam-diam menggerogoti fondasi rumah, yang pada akhirnya menyebabkan kerusakan hingga membuat runtuh. 

Baca juga: 4 Cara Mudah Membasmi Rayap di Rumah

Berbeda dengan laba-laba atau kecoak, rayap sulit ditemukan karena biasanya tetap tersembunyi di dalam dinding dan lantai.

Dilansir dari Best Life, Senin (18/10/2021), berikut ini tanda adanya rayap di rumah menurut para ahli. 

Baca juga: Perhatikan, Ini Tanda Ada Rayap di Rumah

Tabung lumpur adalah tanda utama ruma penuh dengan rayap

Jika ingin memeriksa rumah untuk mencari rayap, kamu harus waspada terhadap tabung lumpur (lubang atau terowongan pada permukaan material bangunan yang menghasilkan tumpukan seperti pasir).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tabung lumpur adalah terowongan kecil yang dibuat oleh rayap untuk mengangkut makanan kembali ke koloni.

"Terowongan kecokelatan ini adalah tanda pasti kamu memiliki rayap di rumah," kata Codey Stout, spesialis pencegahan rayap dan manajer operasi kepala di Tree Triage. 

Baca juga: 4 Cara Membasmi Kecoak, Tikus, Semut, dan Rayap dari Rumah

"Tabung lumpur ini digunakan sebagai akses ke sarang mereka di bawah tanah dan membantu menciptakan iklim optimal dengan menghalangi udara sejuk dan kering," jelas Burns Blackwell, CEO Terminix-Triad di Greensboro, North Carolina, Amerika Serikat.

Jack Miller, ahli pengendalian hama dan pendiri How I Get Rid Of, mengatakan bahwa tabung lumpur terlihat seperti jejak dari apa yang tampak seperti debu cokelat.

Menurut Blackwell, tabung ini dapat ditemukan di beberapa area tertentu di rumah.

Halaman:


Sumber Best Life
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.