Kompas.com - 18/10/2021, 09:50 WIB
Ilustrasi tanaman hias Homalomena rubescens Kunth (King of Heart). SHUTTERSTOCK/NRYS STUDIOIlustrasi tanaman hias Homalomena rubescens Kunth (King of Heart).

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda ingin menambahkan tanaman hias ke dalam dekorasi rumah, Anda bisa memilih Homalomena. Tanaman ini menjadi favorit banyak pemilik rumah dan desainer interior karena banyak keuntungan yang diberikan.

Dilansir dari Gardening Know How, Senin (18/10/2021), Homalomena digemari karena mudah perawatannya, ketahanannya terhadap penyakit, dan toleransi terhadap kondisi pencahayaan rendah dan stres.

Homalomena adalah tanaman asli wilayah tropis hingga subtropis yang ditemukan di iklim lembap seperti di Kolombia, Kosta Rika, Kalimantan, Jawa, Sumatra, Malaysia, dan Filipina. Hampir 135 spesies tanaman Homalomena dapat ditemukan di hutan hujan Asia tenggara hingga Melanesia.

Baca juga: 5 Tanaman Hias Ini Tidak Mati jika Terlalu Sering Disiram

Ilustrasi tanaman hias Homalomena Rubescens. SHUTTERSTOCK/SHADOW INSPIRATION Ilustrasi tanaman hias Homalomena Rubescens.

Tanaman ini termasuk di antara lebih dari 100 spesies tanaman tropis dalam keluarga aroid dari Araceae.

Di Amerika Tengah dan Amerika Selatan bagian utara, ada 12 spesies tambahan tanaman Homalomena yang tumbuh.

Batang dan daun Homalomena hadir dalam warna beragam, dari hijau tua ke merah, merah anggur, dan nuansa warna tembaga. Tampak seperti lilin, daunnya berbentuk hati atau setengah hati.

Tanaman hias Homalomena memiliki bunga yang menarik, tetapi sangat sedikit, dengan bentuk seperti jari.

Baca juga: Tanda dan Cara Mengatasi Daun Tanaman Hias Terbakar Sinar Matahari

Varietas Homalomena

Meskipun ada banyak spesies liar tanaman Homalomena, hanya sedikit yang tersedia secara komersial dan diperuntukkan sebagai tanaman hias. Spesies hibrida dapat dibeli, dipilih atau dibiakkan karena fitur-fiturnya yang luar biasa.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.