Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Merawat Homalomena, Tanaman Tropis Kerabat Philodendron

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda ingin menambahkan tanaman hias ke dalam dekorasi rumah, Anda bisa memilih Homalomena. Tanaman ini menjadi favorit banyak pemilik rumah dan desainer interior karena banyak keuntungan yang diberikan.

Dilansir dari Gardening Know How, Senin (18/10/2021), Homalomena digemari karena mudah perawatannya, ketahanannya terhadap penyakit, dan toleransi terhadap kondisi pencahayaan rendah dan stres.

Homalomena adalah tanaman asli wilayah tropis hingga subtropis yang ditemukan di iklim lembap seperti di Kolombia, Kosta Rika, Kalimantan, Jawa, Sumatra, Malaysia, dan Filipina. Hampir 135 spesies tanaman Homalomena dapat ditemukan di hutan hujan Asia tenggara hingga Melanesia.

Tanaman ini termasuk di antara lebih dari 100 spesies tanaman tropis dalam keluarga aroid dari Araceae.

Di Amerika Tengah dan Amerika Selatan bagian utara, ada 12 spesies tambahan tanaman Homalomena yang tumbuh.

Batang dan daun Homalomena hadir dalam warna beragam, dari hijau tua ke merah, merah anggur, dan nuansa warna tembaga. Tampak seperti lilin, daunnya berbentuk hati atau setengah hati.

Tanaman hias Homalomena memiliki bunga yang menarik, tetapi sangat sedikit, dengan bentuk seperti jari.

Varietas Homalomena

Meskipun ada banyak spesies liar tanaman Homalomena, hanya sedikit yang tersedia secara komersial dan diperuntukkan sebagai tanaman hias. Spesies hibrida dapat dibeli, dipilih atau dibiakkan karena fitur-fiturnya yang luar biasa.


Beberapa varietas Homalomena yang populer antara lain sebagai berikut.

Cara menanam Homalomena

Mirip dengan salah satu kerabatnya, yakni Philodendron, Homalomena adalah tanaman tropis. Jadi jawaban untuk cara menanam Homalomena cukup jelas dalam hal persyaratan suhu.

Perawatan Homalomena sebagai tanaman hias akan membutuhkan suhu optimal antara 16 sampai 33 derajat celcius.

Konon, tanaman Homalomena dapat menahan suhu serendah 4 derajat celcius dengan sedikit atau tanpa kerusakan.

Tanaman hias Homalomena tumbuh dengan baik dalam eksposur cahaya sedang hingga rendah, tetapi benar-benar berkembang dalam kondisi cahaya sedang. Sinar matahari yang berlebihan dapat membakar daunnya, menyebabkan bintik-bintik terbakar pada daun.

Perawatan Homalomena juga mencakup jadwal penyiraman yang teratur. Tanaman Homalomena tidak suka kering, juga tidak suka tergenang air.

Jenuhkan tanah dan pastikan untuk menyediakan drainase yang baik. Beri pupuk secara teratur dengan pupuk nabati cair yang digunakan dengan kekuatan yang direkomendasikan oleh produsen.

Tanah untuk tanaman hias Homalomena harus semi-berpori, berbasis gambut tetapi tidak terlalu padat, dan mengandung sedikit pasir dan banyak bahan organik humus.


Perawatan tanaman Homalomena

Perawatan Homalomena membutuhkan tanah yang lembap, tetapi tidak tergenang air. Tanah kering akan mengubah dedaunan menjadi kuning dan tidak terlalu menarik.

Adapun kelembapan yang rendah akan menyebabkan kecokelatan di sepanjang tepi daun.

Rimbun, rapi, dan padat, tanaman hias Homalomena adalah tanaman dalam ruangan yang relatif mudah untuk tumbuh dengan bentuk dan warna daun yang indah.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/18/095000776/cara-merawat-homalomena-tanaman-tropis-kerabat-philodendron

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke