Kompas.com - 26/09/2021, 23:53 WIB
Salah satu tanda serangan ulat adalah daun yang sobek di ujung-ujungnya. Unsplash/Kyle ClevelandSalah satu tanda serangan ulat adalah daun yang sobek di ujung-ujungnya.

JAKARTA, KOMPAS.com—Tanaman yang terserang hama seringkali tak terlihat. Saat kamu menyadarinya, tanaman sudah rusak atau bahkan mati karena serangan hama. 

Karena itu, sebagai pemilik kita harus menyadari keberadaan hama. Dengan lebih cepat mengetahuinya, kamu juga bisa lebih cepat menanganinya. Hasilnya, kemungkinan untuk menyelamatkan tanaman juga semakin tinggi.

Berikut adalah pertanda bahwa kebunmu sudah diserang hama, seperti dilansir dari Bobvilla, Minggu (26/9/2021). 

Baca juga: Mengapa Kamar Tidur Butuh Tanaman Hidup? Begini Penjelasannya

1. Lubang pada tanah

Jika di tanah terdapat lubang sebesar 5 cm di permukaan tanah, atau di sekitar taman di rumahmu. Itu artinya, tamanmu sedang diserang oleh tikus.

Hewan pengerat ini adalah hewan pemakan segala yang bisa saja menghabiskan tamanmu, terutama tanaman sayuran dan tunas-tunas yang baru saja tumbuh.

Untuk mengatasinya tanpa membunuh, pasang perangkap hidup atau gunakan semprotan atau penolak tikus butiran ke pintu masuk lubang dan jalur yang biasa dilewati tikus untuk mengusirnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perangkap tikus dan pestisida juga bisa menjadi pilihan, tetapi berhati-hatilah dengan produk ini jika kamu memiliki hewan peliharaan atau anak-anak yang sering bermain di kebunmu.

2. Hilangnya tunas atau daun

Jika kamu baru saja menanam bibit tomat, atau benih kubis dan sayuranmu tiba-tiba daunnya habis dan ada bekas gigitan, ini adalah pertanda bahwa tanamanmu sedang diserang ulat.

Beberapa sayuran seperti tomat, kangkung, brokoli dan sawi adalah makanan favorit dari ulat ini.

Ulat pemakan daun ini bisa tumbuh hingga 5 cm panjangnya, mungkin berwarna hijau, coklat, abu-abu, atau kuning, dan menggulung menjadi bentuk "C" saat diganggu.

Lindungi bibit muda di pangkal dengan pelindung yang terbuat dari tabung kertas toilet atau aluminium foil, dimasukkan 2,5 cm ke dalam tanah.

Baca juga: Tanaman Terserang Hama? Ini yang Harus Dilakukan

Halaman:


Sumber Bob Vila
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.