Kompas.com - 25/09/2021, 23:23 WIB
Ilustrasi makanan kucing, kucing sedang makan. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIOIlustrasi makanan kucing, kucing sedang makan.

JAKARTA, KOMPAS.com-- Kucing bisa saja mengalami penurunan berat badan karena sakit atau tak terawat. Namun kucing yang kurus masih bisa kembali gemuk dengan perawatan yang benar.

Sebagai pemilik hewan peliharaan kamu bisa membantu kucing menambah berat badan yang dibutuhkannya dengan cara yang sehat dan aman.

Berikut adalah cara aman naikkan berat badan kucing seperti dilansir dari Cuteness, Sabtu (25/9/2021).

1. Kunjungi dokter hewan

Dokter hewan dapat merekomendasikan rencana penambahan berat badan yang efektif dan sehat untuk kucing. Sebelum kamu mencoba mengubah atau mencoba pola makan baru pada kucing, kamu harus membawanya ke dokter hewan untuk pemeriksaan medis.

Baca juga: Penyebab Diare pada Anak Kucing dan Kapan Harus ke Dokter Hewan

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seekor kucing yang terlalu kurus akan memiliki tulang rusuk yang terlihat, tidak ada lemak yang teraba. Vertebra lumbal akan terlihat dan perut akan terlihat menyempit dengan jelas.

Nantinya, dokter hewan akan menentukan seberapa kurus kucingmu dan berapa banyak berat yang harus ia naikkan agar sehat. Dokter hewan juga akan dapat memberi tahu apakah kondisi medis yang mendasarinya bertanggung jawab atas penurunan berat badan kucing Anda.

2. Menghitung Berat Badan

Dalam hal penambahan berat badan, kucing sebenarnya tidak jauh berbeda dari manusia. Jika kucing normal dan sehat makan lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan tubuhnya untuk mempertahankan kondisinya saat ini, berat badannya akan bertambah.

Kucing dewasa normal dengan berat antara 4 kg- 4,5 kg perlu mengonsumsi antara 180 dan 220 kalori sehari untuk mempertahankan berat badannya. Untuk menambah berat badan dengan aman, kucing yang sama secara bertahap perlu meningkatkan asupan kalori hariannya 25 persen. Ini berarti kucing perlu mengonsumsi sekitar 230 hingga 270 kalori per hari.

Baca juga: 7 Kesalahan dalam Memelihara Kucing yang Harus Dihindari, Apa Saja?

3. Kucing kurus atau kelaparan

Halaman:


Sumber Cuteness
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.