Kompas.com - 25/09/2021, 19:34 WIB
Ilustrasi deterjen. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICAIlustrasi deterjen.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam proses mencuci pakaian, deterjen menjadi faktor utamanya. Saat Anda hendak membelinya, ada puluhan merk deterjen yang memiliki jenis dan bentuk yang berbeda, mulai dari deterjen bubuk, cair, dan deterjen pod atau deterjen dalam bentuk kapsul.

Melansir dari The Spruce, Sabtu (25/9/2021) deterjen cairan, bubuk, dan pod semuanya dapat digunakan dalam suhu air cucian apa pun.

Semakin banyak bahan aktif yang tercantum dalam formula deterjen, seperti enzim yang memecah noda dan surfaktan yang mengangkat noda dari kain dan menahannya di dalam air, maka semakin baik kinerja deterjen.

Baca juga: Deterjen Bubuk Vs Deterjen Cair, Kelebihan dan Kekurangannya

Lantas, apa kelebihan masing-masing dari deterjen ini? Simak ulasannya berikut ini.

Ilustrasi deterjen, memasukkan deterjen ke mesin cuci. PEXELS/RODNAE PRODUCTIONS Ilustrasi deterjen, memasukkan deterjen ke mesin cuci.

Deterjen cair

Sejak pertama kali dijual di pasaran pada era 1950-an, deterjen cair telah menjadi jenis deterjen yang paling populer. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Deterjen cair mudah digunakan, didistribusikan dengan baik dalam air cucian, dan memiliki berbagai macam aroma. Tetapi seperti kebanyakan produk, ada pro dan kontra.

Kelebihan dari deterjen cair ini adalah sangat efektif untuk menghilangkan noda minyak dan lemak, karena cairan akan menembus serat kain untuk membantu menghilangkan noda.

Baca juga: Simak, Tanda Menggunakan Terlalu Banyak Deterjen Saat Mencuci Pakaian

Akan tetapi, mereka memiliki kekurangan, yakni garis pengukuran pada sebagian besar tutup botol deterjen sulit dibaca, menyebabkan konsumen menggunakan terlalu banyak deterjen per beban, membuang-buang uang, dan meninggalkan residu pada pakaian dan mesin cuci.

Halaman:


Sumber The Spruce
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.