Kompas.com - 25/09/2021, 20:12 WIB
Ilustrasi ikan cupang halfmoon. SHUTTERSTOCK/PANPILAI PAIPAIlustrasi ikan cupang halfmoon.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki warna yang cantik dan cerah, membuat ikan cupang menjadi hewan peliharaan favorit banyak orang.

Namun, ada masalah umum yang banyak ditemukan oleh pemilik ikan cupang, yakni ketika ikan cupang berperilaku aneh dengan gerakan berenang yang cepat dan bolak-balik di sekitar akuarium.

Melansir dari Betta Care Fish Guide, Sabtu (25/9/2021), ketika ikan cupang melakukan gerakan berenang yang tidak menentu, ada sejumlah penyebab. Selain itu, jika Anda memerhatikannya, hal itu sering merupakan pertanda bahwa ada sesuatu yang tidak baik.

Baca juga: Simak, Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina

Berikut adalah penyebab paling umum mengapa ikan cupang berenang tak menentu dan cara mencegahnya.

Kondisi air yang buruk

Ketika memelihara ikan cupang, kondisi air adalah segalanya. Jika Anda tidak memiliki kondisi air yang tepat untuk cupang Anda, maka dia akan menjadi stres. Dan salah satu gejala umum stres adalah gerakan berenang yang tidak menentu.

Kondisi air yang buruk biasanya menghasilkan penumpukan amonia serta bahan kimia berbahaya lainnya yang akan membahayakan cupang Anda. Jadi, penting bagi Anda untuk memastikan air akuarium Anda sempurna.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain penumpukan bahan kimia, suhu di tangki Anda juga harus diatur. Suhu ideal cupang adalah 78°F, namun, mereka dapat bertahan hidup di air antara 24-29 derajat celcius.

Baca juga: Tips Agar Ikan Cupang Panjang Umur

Jika air menjadi lebih dingin dari itu, Anda akan melihat mereka menjadi lesu dan tidak bergerak. Namun, jika terlalu panas, cupang Anda akan mulai berenang dengan tidak teratur.

Ada banyak bahaya yang bisa datang dari akuarium Anda yang tidak memiliki suhu yang tepat. Kejutan suhu pada cupang seringkali bisa berakibat fatal dan ada banyak alasan mengapa Anda harus memiliki pemanas di akuarium Anda.

Dan terakhir, jika Anda terlalu banyak memberi makan cupang secara berlebihan sering kali dapat menyebabkan kondisi air yang buruk.

Jika ada lebih banyak limbah di akuarium Anda maka bakteri nitrifikasi dapat menyingkirkan (bakteri yang memecah amonia) maka kondisi air akan semakin buruk secara bertahap.

Halaman:
Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.