Kompas.com - 25/09/2021, 21:28 WIB
8 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Renovasi Rumah Shutterstock.com8 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Renovasi Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com--Merenovasi rumah menjadi salah satu jalan untk membuat rumah yang sudah usang menjadi baru kembali. Selain membuat tampilannya menjadi lebih menarik, renovasi rumah juga bisa meningkatkan kenyamanan dan nilai dari rumah itu sendiri.

Namun sayangnya merenovasi rumah seringkali membutuhkan uang yang tidak sedikir. Untuk itu, kamu harus menentukan anggaran dan rencana agar renovasi rumah sesuai dengan dana yang kamu miliki.

Beberapa perencanaan strategis mengenai desain, bahan dan waktu pengerjaan akan membantumu agar tak berbelanja melebihi anggaran yang sudah kamu tetapkan.

Selain membuat perencanaan, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat ingin melakukan renovasi rumah dengan anggaran tebatas seperti dilansir dari Roohome, Sabtu (25/9/2021). 

Baca juga: 9 Tanaman Hias Ini Diyakini Membawa Hoki Finansial ke Rumah

1. Perbaiki pintu depan

Langkah pertama adalah mengubah pintu depan untuk membuat kesan pertama yang luar biasa pada siapapun yang datang berkunjung. Karena pintu depan yang bergaya akan langsung menambah daya tarik dair hunianmu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan, kamu bisa melakukannya sendiri dengan membeli cat baru untuk mengubah tampilan pintu yang kusam menjadi lebih segar

Sekalipun ternyata pintu depan tidak dapat diperbaiki, sebaiknya berinvestasi di pintu baru untuk membuat dampak yang besar. Kamu bahkan dapat mendesainnya sendiri dan membuatnya sesuai pesanan.

2. Cat lantai kayu

Jika kamu menggunakan lantai kayu, kamu bisa mengubah penampilan rumah dengan mengecatnya dengan warna yang baru.  

Baca juga: 3 Manfaat Jeruk Nipis untuk Membersihkan Rumah

3. Cat dinding putih

Banyak orang takut mengecat dinding dengan warna putih karena mengira itu akan cepat kotor, tetapi putih adalah warna klasik dan abadi.

Halaman:


Sumber Roohome
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.