Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara agar Lebih Dekat dengan Kucing Peliharaan, Menurut Dokter Hewan

Kompas.com - 06/09/2021, 08:37 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Apabila Anda baru mulai memelihara kucing, perlu disadari bahwa kucing sering kali membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri. Sementara itu, Anda tentu ingin membangun ikatan dengan Si Meong.

"Membangun ikatan dengan kucing baru bervariasi dari satu kucing ke kucing lainnya," jelas Kurt Venator kepala dokter hewan di Purina, seperti dikutip dari Martha Stewart, Senin (6/9/2021).

"Penting untuk mengingat tahap kehidupan kucing saat membangun ikatan dengan mereka," ungkap dia.

Baca juga: Kucing Tiba-tiba Nakal? Ini Penjelasan Dokter Hewan

Adapun kucing tua, misalnya, mungkin membutuhkan lebih banyak ruang di awal. Sementara itu, Anda dapat mulai lebih cepat memberikan anak kucing kasih sayang untuk membantu mensosialisasikannya kepada manusia.

Ilustrasi kucing sedang dielusUnsplash/Yerlin Matu Ilustrasi kucing sedang dielus

"Beri (kucing yang lebih tua) kebebasan untuk menjelajahi rumah baru mereka dan datang kepada Anda ketika mereka mencari kasih sayang. Ini akan mengarah pada ikatan yang lebih kuat dari waktu ke waktu," papar Venator.

Namun, untuk anak kucing, kontak visual dan fisik sangat penting karena tidak hanya membangun ikatan kasih sayang antara kucing dan pemilik kucing, tetapi juga mengajari kucing cara berinteraksi dengan orang.

Berikut beberapa cara agar kucing peliharaan lebih dekat dengan Anda sebagai pemiliknya.

Baca juga: Tips agar Kucing Tak Naik ke Meja

1. Tetapkan rutinitas

"Semua kucing menyukai rutinitas, terutama kucing yang lebih tua. Cobalah untuk segera membuat rutinitas untuk tidak hanya menjalin ikatan dengan mereka tetapi juga untuk menjaga kucing tetap sehat," ujar Venator.

Itu berarti jadwal harian yang konsisten tentang waktu makan, waktu bermain, waktu sendiri, dan bahkan waktu yang didedikasikan untuk menyikat gigi, jika diperlukan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com