Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Cara agar Lebih Dekat dengan Kucing Peliharaan, Menurut Dokter Hewan

JAKARTA, KOMPAS.com - Apabila Anda baru mulai memelihara kucing, perlu disadari bahwa kucing sering kali membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri. Sementara itu, Anda tentu ingin membangun ikatan dengan Si Meong.

"Membangun ikatan dengan kucing baru bervariasi dari satu kucing ke kucing lainnya," jelas Kurt Venator kepala dokter hewan di Purina, seperti dikutip dari Martha Stewart, Senin (6/9/2021).

"Penting untuk mengingat tahap kehidupan kucing saat membangun ikatan dengan mereka," ungkap dia.

Adapun kucing tua, misalnya, mungkin membutuhkan lebih banyak ruang di awal. Sementara itu, Anda dapat mulai lebih cepat memberikan anak kucing kasih sayang untuk membantu mensosialisasikannya kepada manusia.

"Beri (kucing yang lebih tua) kebebasan untuk menjelajahi rumah baru mereka dan datang kepada Anda ketika mereka mencari kasih sayang. Ini akan mengarah pada ikatan yang lebih kuat dari waktu ke waktu," papar Venator.

Namun, untuk anak kucing, kontak visual dan fisik sangat penting karena tidak hanya membangun ikatan kasih sayang antara kucing dan pemilik kucing, tetapi juga mengajari kucing cara berinteraksi dengan orang.

Berikut beberapa cara agar kucing peliharaan lebih dekat dengan Anda sebagai pemiliknya.

1. Tetapkan rutinitas

"Semua kucing menyukai rutinitas, terutama kucing yang lebih tua. Cobalah untuk segera membuat rutinitas untuk tidak hanya menjalin ikatan dengan mereka tetapi juga untuk menjaga kucing tetap sehat," ujar Venator.

Itu berarti jadwal harian yang konsisten tentang waktu makan, waktu bermain, waktu sendiri, dan bahkan waktu yang didedikasikan untuk menyikat gigi, jika diperlukan.


2. Beri makan dan camilan secara teratur

Makanan seringkali menjadi motivator yang baik bagi kucing, jadi penting untuk memilih makanan yang tepat untuk mereka. Makanan kucing harus bergizi tinggi, serta sesuai untuk tahap kehidupan atau kebutuhan kesehatan.

Anak kucing, misalnya, harus diberi makan makanan usia anak kucing sampai usia satu tahun. Kucing yang lebih tua mungkin membutuhkan makanan untuk membantu kesehatan saluran kemihnya, mengelola diabetes, mengurangi bola bulu, atau meningkatkan kesehatan gigi yang lebih baik.

"Memberi makan kucing Anda adalah cara yang pasti untuk membangun ikatan yang kuat dengan kucing Anda," tutur Venator.

"Kucing akan dengan cepat mengasosiasikan pemiliknya dengan sesuatu yang positif seperti suguhan lezat atau makanan yang mengenyangkan," sambungnya.

Adapun jika ada anggota keluarga Anda yang memiliki alergi kucing, ada juga pilihan makanan yang dapat mengurangi alergen pada bulu kucing.

3. Nikmati waktu bermain bersama kucing

Permainan dan aktivitas adalah cara lain untuk membangun ikatan yang kuat. Kucing perlu mengeluarkan energi alaminya untuk berburu secara naluriah, jadi sediakan mainan dan permainan yang memungkinkan mereka bertindak sesuai keinginannya.

"Ini bisa berupa kotak kosong tempat mereka bisa bermain petak umpet atau mainan tongkat sihir yang meningkatkan kepercayaan diri mereka dan membuat mereka ingin menghabiskan waktu bersama Anda," sebut Venator.

"Dengan menjadwalkan waktu bermain secara teratur, Anda tidak hanya akan menciptakan rutinitas yang sehat tetapi pada akhirnya membangun ikatan yang kuat dan penuh kasih dengan kucing selama bertahun-tahun yang akan datang," imbuh dia.

Tanda ikatan yang baik bersama kucing Anda

Kucing sering kali bisa lebih halus dalam kasih sayang mereka daripada anjing, jadi perhatikan isyarat nonverbal mereka.


"Jika kucing mengikuti Anda dan memilih untuk menghabiskan waktu bersama Anda, itu adalah tanda pasti bahwa mereka merasa terhubung," terang Venator.

Tanda penting lainnya bahwa Anda berhasil menjalin ikatan dengan kucing adalah kucing tidur di pangkuan Anda atau tidur siang di area di mana aroma Anda paling kuat.

"Ini mungkin terdengar aneh bagi pemilik kucing yang belum tahu, tetapi kepala dan gosokan pipi mewakili perilaku kucing klasik yang dipelajari dan diekspresikan selama tahun-tahun anak kucing. Ini adalah perilaku yang membantu kucing membangun ikatan dan kasih sayang dengan hewan lain dan sahabat manusia mereka," papar Venator.

Tanda-tanda lain bahwa pendekatan Anda terhadap ikatan berhasil adalah kucing akan memperhatikan Anda dan melakukan kedipan lambat, atau kucing akan mendengkur saat menggosok Anda, atau kucing duduk di pangkuan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/06/083700976/3-cara-agar-lebih-dekat-dengan-kucing-peliharaan-menurut-dokter-hewan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke