Kompas.com - 05/09/2021, 19:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain dilakukan seekor kucing, ternyata anjing juga bisa memakan rumput yang ada di sekitarnya.

Anjing yang memiliki akses atau dekat dengan rumput kemungkinan besar akan memakannya sesekali. Perilaku ini mungkin membuat pemilik anjing heran dan bingung. Namun, ada beberapa alasan dibalik anjing yang memakan rumput.

Dikutip dari kanal YouTube Dokter Hewan, Minggu (5/9/2021), menurut dokter hewan, Haby Palyoga, setidaknya ada lima alasan anjing memakan rumput. Simak penjelasannya di bawah ini. 

Baca juga: 10 Ras Anjing Pemberani, Cocok Jadi Penjaga di Rumah

Anjing sedang mual

Alasan anjing makan rumput karena sedang mual atau tidak enak pada bagian lambung atau ususnya.

Karena itu, ketika anjing peliharaan terlihat memakan rumput, kemudian muntah atau memuntahkan kembali rumputnya, maka sebaiknya segera memeriksakannya ke dokter hewan terdekat. 

Baca juga: Tips Membuat Para Anjing Tetap Akur saat Berada di Rumah

Kekurangan nutrisi

Perilaku anjing makan rumput menandakan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan. Kemungkinan faktor ini disebabkan pakan yang kurang bagus maupun makannya kurang banyak. 

Namun, banyak hal lainnya yang mempengaruhi anjing kekurangan gizi atau nutrisi. Perhatikan lagi nutrisi bagi anjing peliharaan. Apakah anjing sudah bagus makanannya atau ada gejala lainnya. 

Baca juga: 5 Cara Melatih Anjing agar Cerdas dan Patuh

Insting atau naluri bertahan hidup

Anjing merupakan hewan karnivora dan omnivora, jadi mereka bukanlah karnivora sejati. Seekor anjing bisa menjadi omnivora dalam kondisi tertentu.

Misalnya, saat di alam liar. Ketika seekor anjing tidak menemukan mangsa, dia bisa terpaksa memakan rumput-rumputan agar bisa bertahan hidup. 

Baca juga: Perhatikan, Ini Bahayanya Jika Anjing Memakan Bawang

Parasit cacing di usus

Ketika anjing sedang ada masalah pada ususnya, misalnya ada cacing atau kamu belum memberikan obat cacing, maka anjing akan memakan rumput.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.