Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Murah Menyegarkan Tampilan Kamar Mandi

Kompas.com - 05/09/2021, 17:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi tidak hanya digunakan untuk mandi atau membersihkan diri, tetapi juga merawat diri dan relaksasi. 

Namun, untuk melakukan semua hal itu, kamar mandi harus bersih, segar, dan didesain secantik mungkin agar bisa memberi kenyamanan serta betah berlama-lama di dalamnya. 

Selain itu, kamar mandi yang bersih dan segar tentu memberikan rasa bahagia, nyaman, dan tenang, bahkan bisa mengusir stres.  

Baca juga: 5 Kesalahan Membersihkan Kamar Mandi yang Sering Dilakukan

Menciptakan kamar mandi yang sempurna tentu tidaklah mudah. Namun, Anda bisa memberikan tampilan baru dan segar pada kamar mandi tanpa perlu merenovasi seluruh ruangan, yang akan merogoh kocek terlalu dalam. 

Hal yang diperlukan hanyalah mengetahui apa yang membuat perbedaan besar pada kamar mandi. 

Melansir dari Today's Homeowner, Minggu (5/9/2021), berikut ini lima cara murah  menyegarkan kamar mandi.  

Baca juga: Cara Menyingkirkan Laba-laba di Kamar Mandi 

Bersihkan semua permukaan 

Mulailah dengan pembersihan mendalam seluruh permukaan kamar mandi. Gunakan campuran cuka putih dan detergen pencuci piring untuk membersihkan dinding kamar mandi, bathtub, dan lantai kamar mandi. 

Untuk membuat pembersih ini, campurkan satu cangkir alkohol gosok dengan 2/3 cangkir cuka putih dalam botol semprot, lalu tambahan air secukupnya. Pembersih ramah lingkungan ini cepat kering dan tidak meninggalkan goresan. 

Baca juga: Waspada, Ini Serangga yang Kerap Muncul di Kamar Mandi pada Malam Hari

Cat

Lapisan cat baru adalah cara mudah memperbarui kamar mandi yang telah kuno. Namun, mengecat kamar mandi adalah tugas yang sulit.

Saat mengecat di sekitar bak mandi, pilih lapisan cat semi gloss untuk membantu mengusir kelembapan. 

Baca juga: Cara Menggabungkan Kamar Mandi dengan Ruang Mencuci

Sebelum mengecat, lapisi area dengan primer tahan lembap. Beberapa cat sekarang datang dengan primer yang dicampur ke dalam cat.

Untuk memastikan segel kedap air, dempul sambungan antara dinding dan meja atau sekeliling pancuran. Pastikan dempul kering sebelum dicat

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap di Kamar Mandi  

Perhatikan pencahayaan

Pencahayaan yang lebih baik dapat meningkatkan gaya dan fungsi kamar mandi. Begitu juga perlengkapan baru  dengan mudah dapat memperbarui estetika pada kamar mandi, tetapi pastikan pencahayaan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pertimbangkan pencahayaan task atau tugas di atas meja rias atau wastafel. Pilih bohlam putih terang untuk penerangan kerja terbaik di area ini.

Tips lain, menggunakan bohlam bening pada perlengkapan dengan nuansa buram dan bohlam buram pada perlengkapan dengan corak bening untuk cahaya yang bagus serta bersih. 

Baca juga: Cara Mengurangi Kelembapan di Kamar Mandi

Rapikan dan simpan barang secara strategis

Karena kamar mandi adalah salah satu ruangan yang paling sering digunakan di rumah, penting untuk menjaganya agar tetap bersih dan tidak berantakan.

Pertimbangkan beberapa penyimpanan cerdas seperti rak apung atau unit rak standar untuk menjaga semua barang tetap rapi. 

Baca juga: 6 Cara Mempercantik Kamar Mandi Tanpa Renovasi Total 

Perbarui dan hiasi

Terakhir, cara menyegarkan kamar mandi adalah memperbarui dan menghiasinya. Uji keterampilan desain interior Anda. Beberapa sentuhan kecil, seperti menambahkan karya seni atau tanaman, bisa sangat membantu.

Handuk segar dan tirai shower baru dapat menambah kesegaran. Berikan cermin Anda tampilan baru dengan menambahkan bingkai kayu yang estetis. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com