Kompas.com - 01/09/2021, 18:30 WIB
Daya tarik rumput yang harganya berkisar Rp 25.000 - Rp35.000 per meter persegi ini ada pada tampilan yang lebih rapi dibanding saudaranya, rumput gajah maksi. Daunnya pendek dan tak cepat gondrong.
www.houzz.comDaya tarik rumput yang harganya berkisar Rp 25.000 - Rp35.000 per meter persegi ini ada pada tampilan yang lebih rapi dibanding saudaranya, rumput gajah maksi. Daunnya pendek dan tak cepat gondrong.

JAKARTA, KOMPAS.com- Rumput ditanam untuk mempercantik tampilan taman agar lebih indah dan menyejukkan mata.

Selain cantik dan segar, rumput juga sangat bermanfaat bagi tanah pekarangan. Rumput yang ditanam dengan baik dapat menjaga vegetasi tanah sehingga tanah tetap subur dan tidak becek saat hujan turun.

Banyak jenis rumput yang bisa menjadi pilihanmu untuk menutupi tanah pada taman, tentunya dengan perawatan yang mudah.

Baca juga: Kenapa Ada Bercak-bercak Putih pada Rumput di Halaman Rumah?

 

Meskipun mudah dirawat, jika perawatan tidak rutin dilakukan akan membuat rumput menjadi kering dan tidak tumbuh dengan rapat dan berjarak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melansir dari berbagai sumber, Rabu (1/9/2021), berikut tips merawat rumput gajah agar tumbuh subur dan lebat.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Rumput Sintetis di Halaman Rumah

Beri pupuk secara rutin

Sama seperti tanaman hias lainnya, rumput gajah juga membutuhkan nutrisi tambahan berupa pupuk. Kamu bisa menggunakan pupuk organik seperti kompos dan juga pupuk anorganik yang bisa ditemukan di toko tanaman.

Meskipun tanah memiliki nutrisi alami, namun seiring waktu akar rumput akan menyerap nutrisi sehingga nutrisi tambahan sangat diperlukan.

Rumput gajah yang mendapat nutrisi cukup akan tumbuh subur dan rapat menutupi permukaan tanah.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Kompos dari Rumput Liar untuk Menyuburkan Tanaman

Hindari menginjak rumput

Rumput yang sering dilewati akan merusak tampilannya serta membuat pertumbuhannya terhambat.

Tentunya rumput yang sering dilewati membutuhkan perawatan yang ekstra. Jika kamu menanam rumput pada halaman depan yang sering dilewati banyak orang atau hewan peliharaan, sebaiknya berikan pijakan taman.

Kamu bisa memberikan beberapa pijakan dari kayu atau batu alam agar rumput tidak terlalu sering terinjak.

Baca juga: 5 Penyebab Rumput Menguning dan Cara Mengatasinya

Lakukan penyiraman yang cukup

Daya tarik rumput yang harganya berkisar Rp 25.000 - Rp35.000 per meter persegi ini ada pada tampilan yang lebih rapi dibanding saudaranya, rumput gajah maksi. Daunnya pendek dan tak cepat gondrong. www.houzz.com Daya tarik rumput yang harganya berkisar Rp 25.000 - Rp35.000 per meter persegi ini ada pada tampilan yang lebih rapi dibanding saudaranya, rumput gajah maksi. Daunnya pendek dan tak cepat gondrong.

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk menyiram rumput di halaman. Jika kamu menyiramnya saat siang yang terik air akan mudah menguap, sedangkan saat malam hari air akan menggenang dan membuat tanah lebih lembab.

Sebaiknya siram sebanyak 2 sampai 3 kali seminggu, penyiraman yang terlalu sering akan membuat tanah basah sehingga merangsang pertumbuhan rumput liar dan hama.

Baca juga: Cara Alami Menghilangkan Bau Urine Hewan Peliharaan di Rumput

Bersihkan gulma yang tumbuh

Gulma yang tumbuh di sela rumput gajah dapat menyebabkan rumput kekurangan nutrisi sehingga pertumbuhan rumput terhambat. Jika kamu rutin membersihkan gulma, rumput akan tumbuh lebih hijau dan sehat.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.